Chlorine Digital Media

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi BNSP?

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi BNSP?

Sebelum mencari tahu cara untuk mendapatkan sertifikasi BNSP, Kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu BNSP. Merujuk pada situs web bnsp.go.id, BNSP merupakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi yaitu badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. 

(Baca juga: Instansi Apa Saja yang Berhak Mengeluarkan Sertifikasi BNSP)

 

Lalu bagaimana cara mendapatkan sertifikasi BNSP?

Terdapat beberapa tahap yang perlu Kamu lakukan untuk mendapatkan sertifikasi BNSP.

1. Tentukan Sertifikasi BNSP Apa yang Ingin Kamu Dapatkan

Ilustrasi Seseorang Sedang Menentukan Pilihan. (Foto: Pixabay)

Terdapat berbagai profesi dan beragam industri di dunia kerja. Sebelum memiliki keinginan untuk mendapatkan sertifikasi BNSP, Kamu harus menentukan dulu sertifikasi BNSP apa yang sesuai dengan posisi Kamu bekerja atau posisi yang ingin Kamu lamar nantinya. Jika Kamu sudah berstatus sebagai tenaga kerja, carilah pelatihan yang sesuai dengan posisi Kamu bekerja agar hasilnya dapat Kamu implementasikan pada pekerjaan atau untuk meningkatkan gaji sesuai dengan ketentuan perusahaan. Namun jika Kamu baru saja lulus atau belum memiliki pekerjaan, carilah pelatihan yang sesuai dengan posisi yang akan Kamu lamar nantinya agar Kamu memiliki nilai tambah dimata perekrut dan peluang diterima akan bertambah. Dan juga bisa saja Kamu mengikuti pelatihan hanya sekedar untuk menambah kemampuan atau keinginan untuk mempelajari suatu hal.

 

2. Tentukan Instansi untuk Mendapatkan Sertifikasi BNSP

Ilustrasi Seseorang Sedang Menentukan Pilihan. (Foto: Freepik)

Terdapat banyak instansi yang dapat mengeluarkan sertifikasi BNSP, instansi tersebut bisa disebut juga sebagai LSP yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi. LSP tersebut terlebih dahulu harus memperoleh lisensi dari BNSP melalui serangkaian proses akreditasi oleh BNSP yang nantinya akan menyatakan bahwa LSP bersangkutan sudah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi. Dilansir dari situs web resmi bnsp.go.id/lsp, terdapat 1.867 instansi yang terdaftar di sistem BNSP. LSP sendiri terbagi menjadi 3 kategori yaitu LSP P1, LSP P2, dan LSP P3. Selain itu setiap LSP tentunya mengeluarkan sertifikasi BNSP dari berbagai macam industri berbeda yang dapat Kamu sesuaikan dengan sertifikasi yang Kamu butuhkan saat ini. 

 

3. Mendaftarkan Diri

Ilustrasi Seseorang Sedang Mendaftarkan Diri. (Foto: Pixabay)

Setelah menentukan sertifikasi BNSP dan instansi tentu saja Kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mengikuti pelatihan nantinya. Setiap instansi memiliki alur dan persyaratannya masing-masing yang harus dipenuhi, sehingga Kamu bisa menyesuaikan diri dengan instansi tersebut. 

 

4. Mengikuti Rangkaian Pelatihan

Ilustrasi Kegiatan Pelatihan. (Foto: Freepik)

Langkah selanjutnya adalah mengikuti rangkaian pelatihan pada instansi tersebut. Sama seperti tahap mendaftarkan diri, rangkaian pelatihan pada setiap instansi juga akan berbeda dan sesuai dengan jenis sertifikasi BNSP yang ingin Kamu dapatkan. Namun secara garis besar, rangkaian yang akan diberikan oleh setiap instansi adalah pelatihan yang diikuti dengan semacam ujian dan kemudian Kamu akan mendapatkan sertifikasi BNSP jika lulus sesuai dengan kriteria minimum kelulusan sertifikasi. 

 

5. Mendapatkan Sertifikasi BNSP

Ilustrasi Seseorang Mendapatkan Sertifikasi. (Foto: Freepik)

Jika Kamu sudah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dan dinyatakan lulus, barulah Kamu akan mendapatkan sertifikasi BNSP sesuai dengan pelatihan yang Kamu ikuti. Sertifikasi BNSP memiliki masa berlaku yaitu selama 3 tahun, sehingga jika setelah itu Kamu masih membutuhkan sertifikasi tersebut Kamu harus mengikuti pelatihan kembali untuk mendapatkan sertifikasi BNSP terbaru. 

 

Itu dia 5 tahap yang bisa Kamu ikuti untuk bisa mendapatkan sertifikasi BNSP, jangan lupa untuk memilih instansi yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Jika Kamu ingin mengikuti pelatihan untuk sertifikasi BNSP yang berkaitan dengan dunia digital marketing, Kamu dapat mendaftarkan diri di Chlorine Digital Academy. 

 

Chlorine Digital Academy menyediakan kelas industri yang melatih pelajar untuk meningkatkan pemahaman & skill di bidang digital marketing berdasarkan studi kasus di Industri. Beberapa keunggulan program dari kelas industri online di Chlorine Digital Academy adalah mengetahui proses digital marketing dari hulu ke hilir, kelas interaktif & mendapatkan real case, mendapatkan sertifikat & surat rekomendasi, serta siswa terbaik dapat mengikuti ujian sertifikasi BNSP. 

(Baca juga: Pentingnya Sertifikasi Bagi Tenaga Kerja)

 

Beberapa syarat wajib bagi peserta yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

1. Bersikap jujur, saling menghormati & menghargai antar tim.

2. Memiliki mindset “Bukan mau belajar apa, tapi mau bisa apa.”

3. Berani menuangkan ide & gagasan.

4. Memiliki motivasi untuk berkarya bukan pasif berdiam diri.

5. Bersedia mencari solusi atas kendala yang dihadapi.

6. Adaptif & tidak kaku dengan perubahan.

7. Kreatif & mau mencoba hal baru.

8. Tanggung jawab dengan hal yang sudah dipercayakan.

9. Bersedia mengikuti program magang selama 3 atau 6 bulan.

10. Ada surat pengantar dari instansi terkait dalam kegiatan kelas industri.

11. Mempunyai laptop/ komputer.

12. Selama pandemi pelaksanaan dilakukan secara online.

 

Terdapat beberapa materi yang akan didapatkan selama mengikuti pelatihan di Chlorine Digital Academy. Yang pertama adalah digital marketing yang akan mempelajari mengenai riset target market, identifikasi target market, funneling, sumber penghasilan di kanal digital. Yang kedua adalah konten yang akan mempelajari mengenai copywriting, perencanaan konten, membuat headline yang menarik, membuat desain yang bagus, video promosi. Yang ketiga adalah WA marketing yang akan mempelajari mengenai WA pribadi dan WA Business, mengenal fitur WA Business, memanfaatkan fitur WA Business, dan produk katalog. Yang keempat adalah marketplace marketing yang akan mempelajari mengenai menentukan judul, menentukan kata kunci, membuat konten produk yang menarik, cara menjalankan iklan. yang kelima adalah social media marketing yang akan mempelajari mengenai instagram, tiktok, facebook, persiapan melakukan iklan di social media, riset iklan kompetitor. dan yang terakhir adalah membuat iklan yang akan mempelajari mengenai membuat landing page, men-setting piksel lead magnet, mengelola database, membuat email autoresponder. Kunjungi https://chlorinedigitalacademy.com/ dan segera daftarkan dirimu ya!

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?