Chlorine Digital Media

4 Elemen pada Digital Marketing yang Wajib Kamu Ketahui!

4 Elemen pada Digital Marketing yang Wajib Kamu Ketahui!

Lingkungan bisnis yang sangat kompetitif belakangan ini membuat banyak perusahaan harus memutar otak untuk merencanakan strategi pemasaran yang baru agar dapat terus bersaing dan mempertahankan keberlangsungan bisnisnya. Beralihnya metode pemasaran terdahulu ke ranah digital marketing menjadi salah satu jawaban serta peluang yang banyak dilirik oleh para pemilik bisnis baik dalam skala kecil maupun besar, sebab jika tetap menggunakan metode pemasaran terdahulu maka dapat menghambat pertumbuhan bisnis dan tertinggal jauh dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Digital marketing mencakup banyak elemen yang memiliki fungsi dan cara kerjanya masing-masing dalam mendukung keberhasilan kampanye setiap pemasaran. Hal ini dikarenakan adanya fokus dan tujuan tersendiri pada bagaimana cara setiap bisnis dalam menjangkau lebih banyak konsumen potensial, mempertahankan konsumen yang telah dimilikinya, dan tentunya berkaitan dengan meningkatkan penjualan. 

(Baca juga: Apa Saja Peran Seorang Manajer Digital Marketing?)

 

Penting bagi setiap bisnis untuk hadir di dunia internet, sebab kebanyakan konsumen pun telah hadir secara online. Oleh karena itu digital marketing telah menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan konsumen karena pemasar dapat langsung terhubung dengan konsumen pada saluran yang menjadi pilihan mereka. Maka dari itu, yuk ketahui 4 elemen pada digital marketing dibawah ini!

 

1. Advertising 

Ilustrasi kegiatan advertising. (Foto: Freepik)

Pemasaran terdahulu pun tidak terlepas dari advertising atau iklan, perbedaan yang dapat terlihat adalah media dalam media penyampaian iklan, dimana pada strategi digital marketing ini iklan disebar luaskan secara online. Iklan tersebut melibatkan penawaran dan pembelian unit iklan yang relevan pada situs pihak ketiga, seperti iklan bergambar di blog, forum, dan situs web terkait lainnya dengan beragam jenis iklan seperti gambar, teks, pop-up, spanduk, dan video.

Untuk iklan berbayar pada situs web, iklan yang muncul dalam bentuk gambar atau video umumnya akan tampak pada bagian samping, bawah dan atas. Iklan berbayar lainnya ada pada beberapa media sosial seperti instagram ads pada instagram, iklan akan muncul ketika kita sedang melihat postingan pada bagian feed atau pada saat kita melihat deretan stories, akan terselip beberapa iklan dari banyak bisnis yang relevan dengan minat kita.

 

2. Content Marketing

Ilustrasi perencanaan content marketing. (Foto: Freepik)

Content marketing merupakan salah satu strategi yang penting untuk dapat menarik konsumen potensial. Dengan memiliki frekuensi postingan konten yang konsisten dan berkualitas tinggi, sebuah perusahaan dapat menjaga hubungan jangka panjang yang baik dengan para konsumen. Selain itu, hal tersebut dapat mendidik konsumen dan potensial konsumen tentang pengenalan produk serta terdapat kemungkinan konten tersebut dapat membantu konsumen menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Konten dapat mencakup posting blog, studi kasus, atau materi lain yang memberikan nilai kepada konsumen. Konten juga menjadi aset digital yang berharga untuk memperoleh konsumen melalui cara organik dan berbayar.

Content marketing juga menjadi salah satu bagian dari strategi konten yang diterapkan melalui pembuatan konten tertentu dimana nantinya akan berfungsi sebagai dasar untuk kampanye SEO (Search Engine Optimization) dengan CTA (Call To Action). Sehingga setiap konten yang dibuat harus dipastikan kualitasnya dengan menargetkan kata kunci yang tepat dan relevan dengan bisnis Kamu serta dapat menjawab pertanyaan pencari, hal tersebut dapat membantu bisnis Kamu mencapai  peringkat yang lebih tinggi tetapi tentu saja dibutuhkan keterampilan strategis dan analitik yang kuat agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Jika kebingungan dalam merencanakan content marketing bagi bisnis Kamu, Kamu dapat mencoba untuk menggunakan jasa pada https://chlorinedigitalmedia.com/

 

3. Blogging

Ilustrasi seseorang sedang membuat blog. (Foto: Freepik)

Blog merupakan jurnal atau artikel yang membuat penulis dapat terhubung dengan pembaca melalui berbagi topik tulisan seperti pengalaman, keahlian, wawasan, dan lainnya. Blog merupakan salah satu output dari content marketing, dimana isi konten sebuah blog terlebih dulu dirumuskan kerangka penulisannya. Disini Kamu juga bisa mempromosikan produk Kamu, seperti menjelaskan produk apa yang ditawarkan, cara menggunakan atau merawatnya jika produk tersebut berupa barang, berbagi tips terkait produk, dan konten .lainnya yang dapat memberikan bermanfaat atau menambah wawasan bagi para konsumen. Tools seperti SEO dan penggunaan kata kunci yang relevan juga terlibat disini, agar blog Kamu nantinya diminati banyak pelanggan. 

 

4. Email Marketing

Ilustrasi seseorang sedang menggunakan email marketing. (Foto: Freepik)

Email marketing selalu menjadi salah satu pendekatan yang efektif jika ingin mengirim pesan yang dipersonalisasi untuk menargetkan kebutuhan dan minat konsumen. Cara ini merupakan cara yang paling populer untuk bisnis e-commerce sebagai salah satu strategi untuk tetap diingat oleh para konsumen. 

Pada email marketing terdapat banyak bagian digital marketing yang dapat digunakan dalam satu waktu, content marketing menjadi bagian dalam merumuskan konten apa yang akan disampaikan kepada konsumen. Konten tersebut dapat berupa tulisan, gambar, maupun video dengan penerapan CTA, penyertaan link yang mengarahkan pada situs lanjutan, dan lain sebagainya. Email marketing memungkinkan Kamu untuk mengambil tindakan berikutnya dengan konsumen potensial dan mengirim informasi khusus tentang produk atau layanan yang menarik minat mereka. 

Salah satu bagian terbaik dari email marketing adalah Kamu dapat mengotomatiskan strategi email ke konsumen ketika mereka berlangganan, setelah mereka membeli, atau ketika mereka mengambil tindakan tertentu pada media pemasaran yang digunakan. 

(Baca juga: Mengapa Digital Marketing Penting untuk Small Business?)

 

Dari keempat elemen diatas, elemen manakah yang menurutmu paling penting dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu langkah menuju digital marketing pada bisnis Kamu? Cari tahu lebih banyak mengenai jasa digital marketing pada situs https://chlorinedigitalmedia.com/

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?