Chlorine Digital Media

Affiliate Marketing, Cara Lain Dalam Menghasilkan Uang

Affiliate Marketing, Cara Lain Dalam Menghasilkan Uang

Terdapat banyak cara yang berbeda untuk Kamu pilih agar dapat menghasilkan pendapatan tambahan. Pemilik bisnis yang cerdas senantiasa memikirkan cara-cara baru untuk berkembang agar bisnisnya selalu menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dari waktu ke waktu. Salah satu ide yang ditemukan adalah cara lain dalam menghasilkan aliran pendapatan alternatif, yang saat ini dinamakan sebagai affiliate marketing.

Affiliate marketing menjadi salah satu cara utama para influencer dan content creator, atau siapa saja yang dapat memberikan pengaruh baik terhadap audiens mereka, untuk bisa menghasilkan uang. Setiap kali seorang audiens mengklik salah satu tautan produk tersebut dalam deskripsi dan melakukan pembelian, maka mereka akan menerima komisi dari hasil penjualan tersebut.

Menemukan cara-cara lain untuk menghasilkan prospek penjualan baru memang menjadi tugas yang termasuk cukup sulit bagi beberapa pemilik bisnis. Di zaman sekarang ini, para konsumen yang hadir secara digital memiliki sifat sangat mudah berubah-ubah. Maka dari itu, saat ini terdapat begitu banyak pemilik usaha kecil yang mulai bertransformasi dalam mencoba menggunakan affiliate marketing untuk menghasilkan prospek penjualan dan juga pendapatan dalam jumlah kecil namun dengan frekuensi yang besar.

(Baca juga: Apa Itu SMK Pusat Keunggulan?)

 

Sebenarnya, Apa Itu Affiliate Marketing?

Ilustrasi sekelompok orang sedang bertanya. (Foto: Freepik)

Pada dasarnya, affiliate marketing merupakan serangkaian kegiatan promosi produk yang dimiliki oleh seorang pebisnis kepada para audiens. Jika audiens tertarik dan melakukan transaksi pembelian, maka orang yang membantu mempromosikan produk akan mendapatkan komisi dari pebisnis yang memiliki produk tersebut. Hal ini merupakan model monetisasi di mana mitra afiliasi, yaitu orang yang mempromosikan, akan mendapat imbalan pembayaran karena memberikan hasil tertentu kepada pemilik produk. Biasanya hasil yang diberikan dalam bentuk uang, namun beberapa program juga memberikan produk, penggunaan uji coba secara gratis, dan yang lainnya.

Mendaftarkan diri pada program afiliasi ini biasanya tidak dipungut biaya apapun, jadi Kamu tidak perlu khawatir tentang biaya awal yang tinggi. Jika melakukannya dengan baik dan konsisten, peluang ini dapat memberikan keuntungan yang besar terlebih lagi jika Kamu memiliki banyak relasi dan audiens yang dapat terpengaruh dengan apa yang Kamu tawarkan. Affiliate marketing juga merupakan cara yang baik dalam menghasilkan pendapatan, terutama jika Kamu tidak memiliki produk sendiri. Tanggung jawab yang Kamu miliki hanyalah untuk merekomendasikan produk yang bermanfaat kepada audiens.

 

Kelebihan Affiliate Marketing

Ilustrasi dua orang tengah menjelaskan kelebihan dan kekurangan. (Foto: Freepik)

Ide baru yang seringkali muncul senantiasa memiliki kelebihan yang dapat dirasakan oleh kebanyakan orang. Program afiliasi terbilang cukup mudah untuk dieksekusi, seorang affiliate marketer hanya terlibat dalam hal pemasaran secara digital dan penjualan produk saja. Ia  tidak perlu khawatir mengenai hal-hal yang terlibat dengan kegiatan operasional bisnis seperti pengeluaran biaya modal, pengembangan dan inovasi produk, serta kegiatan lainnya. 

Dengan mengikuti program affiliate marketing juga risiko yang akan didapatkan memiliki kemungkinan yang rendah, sebab tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk bergabung dengan program ini. Kamu dapat mulai menghasilkan uang dengan produk atau layanan afiliasi tanpa adanya  investasi di awal. Affiliate marketing juga dapat menghasilkan pendapatan yang relatif pasif melalui komisi yang didapatkan, hal ini dapat menjadi skenario dalam menghasilkan uang yang ideal. Meskipun pada awalnya Kamu harus menginvestasikan waktu untuk menciptakan traffic dan menarik audiens, namun tautan afiliasi yang ada akan terus memberikan penghasilan yang tetap.

Affiliate marketing yang berjalan dengan baik dapat menawarkan potensi untuk secara signifikan meningkatkan penghasilan tanpa adanya tambahan SDM. Kamu dapat memperkenalkan produk baru kepada audiens yang ada saat ini disertai dengan persiapan kampanye untuk produk yang akan diluncurkan nantinya, dan sementara itu produk yang tengah diminati saat ini akan tetap memberikan penghasilan secara mandiri. Salah satu kunci kesuksesan dari affiliate marketing adalah adanya rasa kepercayaan. Meskipun terlihat ada begitu banyak produk atau layanan untuk dipromosikan, yang terbaik diantaranya adalah produk yang digunakan atau direkomendasikan secara personal. 

(Baca juga: Rumuskan 8+i, Kemendikbud Berharap Adanya Keselarasan pada Program SMK Pusat Keunggulan)

 

Kekurangan Affiliate Marketing

Selain berbagai kelebihan yang dimiliki oleh program affiliate marketing, tentu saja terdapat beberapa kekurangan juga. Dibutuhkan kesabaran untuk bentuk pemasaran ini karena affiliate marketing bukanlah skema untuk cepat menjadi kaya. Selain kesabaran, dibutuhkan juga waktu menarik audiens yang sesuai dan mendapatkan pengaruh. 

Karena program ini memiliki sistem berbasis komisi, maka tidak ada orang atau atasan yang memberikan gaji secara rutin pada frekuensi waktu tertentu seperti seorang karyawan pada umumnya. Pendapatan yang akan diterima ditentukan oleh pola audiens dalam merespon kegiatan promosi produk yang Kamu lakukan. Jika beberapa kali Kamu melihat adanya penggunaan cookie browser saat mengunjungi situs web, hal tersebut merupakan bagian dari  affiliate marketing yang digunakan untuk melacak tindakan orang dari konten yang tersedia. Ketika tindakan yang diharapkan seperti transaksi pembelian dilakukan oleh seorang audiens, maka pembayaran akan diterima. 

Program ini juga tidak memiliki pengontrolan layaknya kegiatan pemasaran pada umumnya. Namun Kamu tetap harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemilik produk tersebut, peraturan terkait pedoman tentang apa yang harus Kamu katakan dan bagaimana cara Kamu merekomendasi produk atau layanan mereka. Karena affiliate marketer yang lain juga diharuskan untuk mengikuti rekomendasi yang sama, maka Kamu harus memiliki kreativitas untuk membedakan diri dari orang lain.

 

Itu dia beberapa penjelasan mengenai affiliate marketing yang tengah diminati akhir-akhir ini. Ketika dijalankan dengan baik, program afiliasi dapat menguntungkan bagi affiliate marketer dan memberikan penghasilan pasif setiap bulan. Tertarik untuk mengikuti pelatihan terkait digital marketing? Kunjungi https://chlorinedigitalacademy.com/ untuk informasi selengkapnya.

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?