Chlorine Digital Media

Yuk, Pahami Digital Marketing dalam 5 Menit Saja!

Yuk, Pahami Digital Marketing dalam 5 Menit Saja!

Tren mengenai digital marketing sedang marak diperbincangkan dan menarik banyak perhatian para pebisnis. Pasalnya, banyak dari mereka yang mulai beralih ke bentuk pemasaran yang dinilai cukup efektif di era serba teknologi ini. Digital marketing dapat diartikan sebagai sebuah bentuk pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik, internet, media sosial, dan saluran lainnya untuk menyampaikan pesan promosi serta menjangkau konsumen. Dalam praktiknya, digital marketing biasanya mengacu pada kampanye pemasaran yang muncul di komputer, ponsel, tablet, ataupun perangkat lainnya dalam berbagai bentuk seperti online video, display ads, search engine marketing, paid social ads dan social media posts. Secara singkat dapat diartikan bahwa digital marketing adalah semua bentuk pemasaran yang dilakukan melalui media daring.

Digital marketing adalah proses yang dinamis dan selalu berubah. Jika sebelumnya para konsumen tidak dapat berinteraksi dengan pebisnis melalui papan iklan atau iklan media cetak, hadirnya digital marketing dapat menyediakan akses interaksi komunikasi dua arah antara pebisnis dan konsumen yang tertarik saat melihat iklan produk atau jasa. Pebisnis dapat menjangkau konsumen dengan lebih mudah tanpa terhalang jarak dan waktu, yang tentu saja kegiatan pemasaran ini dapat terjadi kapanpun dan dimanapun.

Selain hal tersebut terdapat 5 manfaat lain yang akan Kamu rasakan jika mulai beralih ke metode digital marketing, simak penjelasannya berikut ini:

 

1. Prospek Target Konsumen Lebih Sesuai

Ilustrasi beberapa target konsumen yang sesuai. (Foto: Pixabay)

Digital marketing memungkinkan Kamu untuk mengidentifikasi dan menargetkan konsumen yang sangat spesifik, kemudian mengirimkan pesan pemasaran yang dipersonalisasi dan berkonversi tinggi kepada konsumen tersebut. Seperti penggunaan SEO untuk dapat menayangkan iklan kepada konsumen yang telah menunjukkan minat pada produk atau layanan Kamu, ataupun konsumen yang telah menelusuri kata kunci spesifik yang terkait dengan industri Kamu . Pada akhirnya, digital marketing digunakan untuk melakukan penelitian agar dapat mengidentifikasi keinginan konsumen serta menyempurnakan metode pemasaran dari waktu ke waktu yang dapat menjangkau prospek konsumen dengan kemungkinan besar akan membeli. 

 

2. Jangkauan Target Konsumen Lebih Luas

Ilustrasi jangkauan target konsumen yang luas. (Foto: Pixabay)

Selain target konsumen lebih sesuai, digital marketing juga membuat jangkauan target konsumen menjadi lebih luas. Hal ini dikarenakan jangkauan pasar sama sekali tidak dipengaruhi oleh letak geografis. Konten promosi Kamu dapat tersebar luas ke daerah manapun yang memiliki akses internet dengan dana yang sama atau bahkan hanya dengan satu kali pengeluaran saja. Dengan menggunakan media digital, siapa saja bisa mengakses informasi secara cepat dan mudah sehingga konsumen yang awalnya tidak termasuk ke dalam segmentasi target pun dapat menjadi potensial konsumen yang akan membeli produk atau jasa Kamu.

 

3. Efektivitas Biaya Pemasaran

Ilustrasi penggunaan minim biaya. (Foto: Pixabay)

Dana yang dikeluarkan ketika beralih ke metode digital marketing jelas akan jauh lebih minim jika dibandingkan dengan metode pemasaran terdahulu, karena Kamu memiliki kendali penuh atas alokasi dana untuk keperluan pemasaran. Mencetak poster atau menyewa papan iklan di jalanan membutuhkan dana yang lebih besar dibandingkan untuk membayar jasa desain konten sosial media, dan tentu saja dapat bertahan selamanya pada sosial media dibandingkan papan iklan di jalan. Terdapat beberapa cara organik yang dapat diterapkan tanpa menggunakan dana, seperti optimasi SEO pada website atau blog untuk keperluan promosi produk atau jasa.

 

4. Lebih Terukur dengan Digital Marketing

Ilustrasi dua orang tengah mengukur sesuatu. (Foto: Pixabay)

Digital marketing memiliki penyajian data komprehensif yang akurat dari semua metrik pengukuran untuk dijadikan sebagai acuan analisis. Seperti pada platform Instagram, terdapat metrik pengukuran accounts reached, impressions, content interactions, dan lain sebagainya yang mungkin akan berguna ketika akan mengembangkan konten promosi berikutnya, tidak seperti metode pemasaran terdahulu yang tidak terukur. Digital marketing juga memungkinkan Kamu untuk melihat hasil tersebut secara akurat dan secara real time. 

 

5. Melacak Perilaku Konsumen dengan Mudah

Ilustrasi Kepuasan Konsumen. (Foto: Pixabay)

Karena penggunaan digital marketing lebih terukur dengan adanya metrik pengukuran, para pemasar dapat mengetahui masing-masing perilaku konsumennya. Dengan menganalisis metrik pengukuran, pemasar dapat mengetahui konten apa saja yang menarik perhatian konsumen, konten apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen, yang nantinya hasil analisis tersebut dapat diterapkan pada konten berikutnya. Analisis yang dilakukan secara berulang tentu saja sangat berguna karena dapat meningkatkan interaksi konsumen untuk mempelajari lebih lanjut terkait produk atau jasa yang ditawarkan.

 

Digital marketing akan memberikan hasil yang optimal jika dikelola secara tepat dan maksimal. Beralihnya metode pemasaran dari yang terdahulu menjadi digital marketing memang memberikan banyak manfaat namun tentu saja terdapat beberapa hal yang perlu dipelajari dan didalami. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba hal tersebut karena sekarang ini teknologi semakin berkembang dan menciptakan banyak inovasi baru salah satunya dalam dunia bisnis. Digital marketing juga menimbulkan tantangan khusus bagi para pebisnis. Saluran digital yang berkembang biak dengan cepat, sehingga pemasar digital harus mampu mengikuti perkembangannya serta cara kerja untuk memasarkan produk atau layanan secara efektif. Selain itu, semakin sulit juga untuk menarik perhatian konsumen, karena konsumen semakin dibanjiri dengan iklan pesaing. Tantangan penggunaan data secara efektif menunjukkan bahwa pemasaran digital memerlukan pendekatan pemasaran berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen. Tertarik menggunakan jasa digital marketing? Kunjungi https://chlorinedigitalmedia.com/ untuk ketahui lebih lanjut

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?