Chlorine Digital Media

Apa Itu Copywriter dan Bagaimana Perannya dalam Sebuah Bisnis?

Apa Itu Copywriter dan Bagaimana Perannya dalam Sebuah Bisnis?

Copywriter merupakan salah satu peran yang selalu ada dalam bidang digital marketing. Sederhananya, copywriter adalah seorang penulis yang memiliki tanggung jawab untuk menulis teks atau materi sesuai dengan konten yang diperlukan seperti konten pada situs web, email, iklan, atau press releases. Copywriting merupakan aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh seorang copywriter

Seorang copywriter dapat memberikan banyak kontribusi untuk membuat strategi digital marketing lebih optimal dengan pembawaannya yang menarik perhatian konsumen sehingga dapat membantu memperkuat upaya pemasaran. Copywriting mengacu pada setiap tulisan yang dibuat untuk mempromosikan merek atau menjual suatu produk dan layanan. Tulisan yang dibuat tentunya dirancang sedemikian rupa agar dapat ‘merayu’ konsumen untuk berpikir dengan cara tertentu tentang suatu merek atau produk. Copywriting dirancang untuk membuat konsumen ingin tahu lebih banyak tentang merek, sehingga tulisan yang baik dapat menimbulkan berbagai emosi dari pembaca dan membuat mereka penasaran.

Meskipun tugas seorang copywriter terdengar sangat mudah, yaitu seputar penulisan teks, namun mereka tidak menghabiskan seluruh waktunya hanya untuk menulis. Terkadang seorang copywriter juga memiliki beberapa tugas lain untuk mendukung pekerjaannya, seperti membuat konsep, melakukan wawancara, mengedit dan mendistribusikan konten, mengelola kampanye, dan masih banyak lagi. Copywriter adalah seseorang yang dapat membantu bisnis Kamu dalam menemukan kata-kata yang tepat untuk menjual produk atau layanan.

(Baca juga: Yuk, Kuasai 20 Istilah Digital Marketing Dalam Situs Web dan SEO!)

 

Lalu, Bagaimana Peran Seorang Copywriter dalam Digital Marketing?

Tidak hanya seorang pemasar, seorang copywriter juga berperan untuk membantu meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, dan sebagai penghubung sarana komunikasi internal perusahaan. Seorang copywriter harus mampu memberikan ide atau konsep yang kreatif, serta dapat mengambil ide sesuai permintaan dan memberikannya substansi serta arahan. Copywriting berkaitan dengan kemampuan untuk memahami, menghubungkan dan menulis bagi konsumen, serta tentang fleksibilitas dan keterampilan untuk mengubah gaya penulisan agar dapat diterima dan dipahami para konsumen ataupun target konsumen. Tujuan akhir dari seorang copywriter adalah untuk mempengaruhi perilaku konsumen melalui rangkaian kata-kata mereka.

Beberapa copywriter mungkin lebih berfokus kepada copywriting dengan keperluan B2C (businesstoconsumer), dimana sebuah bisnis ingin menyampaikan pesan tertentu dengan mengerjakan materi yang ditujukan untuk konsumen. Seorang copywriter harus mampu “masuk” kedalam kepala para konsumen dan memahami apa yang membuatnya tertarik, sehingga mereka dapat membuat produk dan layanan terdengar lebih menarik dan relevan dengan kehidupan mereka dalam bentuk tulisan. 

Seorang copywriter kebanyakan bekerja sebagai freelancer, sehingga cenderung berpindah tempat kerja dalam kurun waktu tertentu. Maka dari itu mereka perlu memiliki gaya tulisan yang berbeda-beda untuk setiap merek yang berbeda, meskipun produk atau layanan yang ditawarkan memiliki kemiripan atau bahkan sama persis. Disinilah kreativitas dan keterampilan akan diuji untuk terus dapat terus menemukan gaya penulisan yang baru dan berbeda dari sebelumnya. 

Faktanya, seorang copywriter juga memiliki peran yang sangat bervariasi tergantung dengan jenis pekerjaan dan tugas yang didapatkannya. Berikut ini beberapa jenis pekerjaan seorang copywriter

 

1. Advertorial Copy

Ilustrasi Sebuah Advertisement. (Foto: Pixabay)

Advertorial terbentuk dari dua suku kata yaitu advertising dan editorial. Sehingga seorang advertorial copy berperan untuk membuat sebuah penulisan dalam bentuk iklan dengan menggunakan gaya jurnalistik untuk mempromosikan sebuah barang atau jasa.

 

2. Website Copy

Ilustrasi Sebuah Website. (Foto: Pixabay)

Sesuai dengan namanya, website copy merupakan pekerjaan pada ruang lingkup sebuah situs web. Hal tersebut termasuk dengan halaman web utama seperti beranda, deskripsi bisnis atau perusahaan, kontak bisnis, dan seluruh konten yang dimuat di dalamnya. Tulisan yang menarik pada halaman situs web utama dapat memberikan kesan pertama yang positif terhadap merek kepada para pengunjung website serta tentu saja berhubungan dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

 

3. Blog Post Copywriting 

Ilustrasi Sebuah Blog. (Foto: Pixabay)

Postingan blog atau artikel pada sebuah situs web biasanya bertujuan untuk mendidik dan memberitahu para pembaca terkait dengan konten yang mereka sajikan. Tidak hanya konten terkait produk atau layanan yang ditawarkan saja, tetapi juga dapat berupa konten tentang masalah relevan lainnya yang mungkin dihadapi oleh konsumen. Konten semacam ini bertujuan untuk membangun kepercayaan dan loyalitas para pembaca terhadap perusahaan, sehingga pada akhirnya pembaca akan menjadi konsumen yang melakukan sejumlah transaksi pembelian. Peran seorang copywriter sangat penting untuk merangkai sejumlah paragraf agar para pembaca tidak bosan, sehingga pesan pemasaran yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik juga.

 

4. Social Media Copy

Social Media. (Foto: Pixabay)

Konten pada media sosial bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan konsumen sehingga mereka akan mengingat dan memiliki kesan positif terhadap konten tersebut. Hal tersebut dapat membantu merek untuk membangun hubungan dengan konsumen yang sangat penting untuk keberlangsungan jangka panjang. Seorang copywriter berperan besar dalam menyesuaikan konten yang disajikan, sebab setiap media sosial yang berbeda memiliki fitur penyajian konten yang berbeda pula. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk kegiatan pemasaran adalah Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dan lainnya.

 

5. Email Copy

Ilustrasi Pengiriman Sebuah Email. (Foto: Pixabay)

Email masih menjadi saluran pemasaran yang efektif hingga saat ini, meskipun saluran pemasaran lainnya seperti media sosial Instagram juga kerap digunakan. Melalui Email, seorang copywriter dapat memberikan konten yang lebih personal dan mendorong konsumen untuk melakukan transaksi pembelian. Sama halnya dengan media sosial, email juga bertujuan untuk mendapatkan keterlibatan konsumen. Peran penting seorang copywriter adalah untuk menarik konsumen melalui personalisasi email sehingga dapat terbangun hubungan kedekatan antara perusahaan dan konsumen. 

(Baca juga: Apa Itu Content Marketing dan Bagaimana Cara Menerapkannya?)


Menjadi seorang copywriter memiliki peluang karir dalam berbagai bidang yang berbeda. Setelah memahami apa itu copywriter dan perannya dalam sebuah bisnis, apakah Kamu tertarik untuk menjadi seorang copywriter? Ikuti pelatihan dan dapatkan sertifikasi BSNP di Chlorine Digital Academy. Kunjungi https://chlorinedigitalacademy.com/ untuk informasi selanjutnya!

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?