Chlorine Digital Media

Apa Saja yang Dipelajari Oleh Jurusan DKV di SMK? 

Apa Saja yang Dipelajari Oleh Jurusan DKV di SMK? 

Desain Komunikasi Visual atau DKV merupakan salah satu jurusan yang erat kaitannya dengan industri kreatif. Jurusan DKV tidak hanya terdapat pada jenjang pendidikan perguruan tinggi saja namun terdapat pula pada jenjang pendidikan SMK. 

Menilik pada artikel yang dipublikasikan oleh gamelab, DKV merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif dengan memanfaatkan elemen-elemen visual untuk menyampaikan pesan. Pesan tersebut tentunya disampaikan dengan tujuan tertentu, misalnya untuk menyampaikan informasi atau tujuan persuasi yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. DKV merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Seni Rupa pada Bidang Keahlian: Seni dan Industri Kreatif. 

Beberapa mata pelajaran yang akan dipelajari pada jurusan DKV di SMK adalah seputar dasar-dasar seni rupa yang membahas mengenai unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur-unsur ini diantaranya antara lain adalah titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar. Kemudian terkait gambar, yaitu mata pelajaran yang membekali siswa dengan teknik, media, dan alat yang digunakan untuk menggambar sesuai jenis gambar yang dibuat. Ada pula sketsa, yaitu terkait pengertian, jenis, sejarah awal, dan tokoh seniman sketsa. Selanjutnya desain publikasi yang akan mempelajari tentang bagaimana merancang hingga membuat konsep karya desain publikasi baik indoor maupun outdoor. Siswa siswi juga akan dibekali bagaimana mempresentasikan konsep dasar branding dan komunikasi pemasaran dengan desain publikasi, hingga menghitung biaya produksi desain. Selanjutnya komputer grafis yang mengajarkan hal seputar pengolahan gambar secara digital dengan bantuan software-software yang ada untuk menghasilkan gambar-gambar yang menarik sesuai imajinatif kreatif para desainer. Siswa akan diajarkan dan dilatih menguasai tools-tools dari sebuah software desain, sehingga siswa bisa segera memahami tools yang akan digunakan dalam membuat sebuah karya desain. Berikutnya fotografi dimana siswa dan siswi akan mengenal berbagai macam jenis kamera, teknik penggunaan kamera, hingga mempresentasikan hasil karya fotografi. Siswa juga akan diajarkan bagaimana fotografi bisa menjadi sarana untuk menyampaikan informasi atau pesan sehingga selain menggunakan prinsip dan teknik secara estetika fotografi juga terdapat strategi untuk menyampaikan pesan tersebut. Dan terakhir videografi dengan materi pokok tentang bagaimana mempresentasikan konsep dan kegunaan videografi dalam Desain Komunikasi Visual, memahami proses dan teknik videografi hingga mempresentasikan hasil karya videografi. Secara teknis, siswa akan dibekali agar mampu berkarya videografi (membuat skenario iklan/film indie, storyboard, shooting/pengambilan gambar produksi, editing-dubbing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software yang ada misalnya adobe premier,pinnacle dan corel video studio

(Baca juga: Apa Saja yang Dipelajari Oleh Jurusan Multimedia di SMK)

Berbicara terkait prospek kerja lulusan jurusan DKV, terdapat beberapa profesi yang cukup populer seperti desainer web yang tengah populer seiring menambahkan bisnis konvensional ke arah digital sehingga beberapa bisnis membuat situs web untuk menjangkau konsumen lebih banyak. Tak hanya sebagai karyawan kantoran saja, namun profesi ini juga dapat dilakukan sebagai seorang freelancer. Berikutnya sebagai seorang ilustrator yang menawarkan jasa untuk dapat melihat ilustrasi sebuah rancangan lebih mudah bagi pemula atau orang awam. Profesi lain yang tak kalah menarik adalah menjadi seorang creative director, yang memiliki tugas untuk mengarahkan karyawannya agar dapat memenuhi target serta kriteria yang diberikan oleh konsumennya. Serupa dengan creative director, art director juga memiliki tugas untuk mengarahkan namun berorientasi pada bidang seni di sebuah acara. Terakhir, menjadi seorang animator juga dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Merambahnya film kartun saat ini membuka kesempatan bagi para animator muda untuk berkarya. Apalagi kartun adalah tontonan yang diminati dan disaksikan oleh banyak orang.

Untuk menciptakan kompetensi bagi siswa dan siswi jurusan DKV di SMK, terdapat beberapa peralatan pendukung pembelajaran yang setidaknya perlu disediakan oleh masing-masing sekolah, yaitu berbagai jenis dan tipe kamera dan lensa tambahan, PC, printer, scanner, tripod, lampu sorot, perangkat lunak pada komputer, dan peralatan lain sesuai kurikulum masing-masing sekolah. 

Terdapat beberapa SMK di Indonesia yang memiliki jurusan DKV, salah satunya adalah SMKN 9 Bekasi yang memiliki visi untuk menjadikan peserta didik yang unggul, kreatif, berkarakter, dan berkompeten di bidang Desain Komunikasi Visual yang bertumpu pada budaya Indonesia. Dan untuk mewujudkan visi tersebut, SMKN 9 Bekasi memiliki misi mengembangkan keilmuan dan SDM di bidang Keahlian Desain Komunikasi Visual; melaksanakan program pendidikan berkarakter yang kreatif, dan inovatif dengan bertumpu pada eksplorasi budaya visual Nusantara dengan metode pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem solving); serta melaksanakan pengembangan keahlian di industri bidang desain komunikasi visual.

Beberapa tujuan dari kompetensi keahlian DKV SMKN 9 Bekasi adalah menghasilkan tamatan yang mempunyai keunggulan kompetitif untuk menjadi desainer graphic dan photografer, berakhlak mulia yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/ dunia industri; mendidik peserta diklat dengan keahlian dan keterampilan dalam bidang kompetensi keahlian Desain komunikasi Visual agar dapat bekerja baik secara mandiri dan kompetitif atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri maupun menciptakan dunia usaha secara mandiri; serta mendidik peserta diklat agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual. 

(Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK Lewat Kelas Industri dan Teaching Factory)

Jadi, apakah Kamu tertarik untuk berkecimpung di dunia DKV setelah mengetahui prospek kerja tersebut? Segera kunjungi https://chlorinedigitalacademy.com/ untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan seputar digital marketing!

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?