Chlorine Digital Media

Pelajari SEO Lebih Dalam, Yuk!

Pelajari SEO Lebih Dalam, Yuk!

Istilah SEO atau Search Engine Optimization pasti sudah tidak asing lagi bagi Kamu yang telah memasuki dunia digital marketing sejak lama. SEO memiliki peran penting dalam dunia digital marketing, sehingga kemampuan dan pengetahuan akan SEO sangat diperlukan terutama bagi Kamu yang memang berkecimpung didalamnya.

 

Apa itu SEO?

Ilustrasi Sekelompok Orang Tengah Menanyakan Sesuatu. (Foto: Freepik)

SEO mengacu pada target traffic untuk mendapatkan situs web terbaik dari peringkat organik suatu search engine. beberapa hal umum yang berkaitan erat dengan search engine optimization adalah pembuatan konten berkualitas tinggi, mengoptimalkan konten dengan kata kunci yang paling diminati, dan membuat backlink. Dengan kata lain, SEO berperan untuk meningkatkan peringkat situs secara organik (tidak dibayar) dari hasil pencarian. Secara umum, semakin awal dan semakin sering sebuah situs muncul dalam daftar hasil pencarian, maka semakin banyak pula  pengunjung yang akan diterima dari pengguna search engine.

Sebagai salah satu bentuk strategi pemasaran melalui Internet, SEO mempertimbangkan bagaimana search engine bekerja, apa yang dicari oleh kebanyakan orang, istilah pencarian aktual dengan kata kunci, dan search engine mana yang disukai oleh kebanyakan orang. Dalam mengoptimalkan sebuah situs web mungkin akan melibatkan banyak hal seperti pengeditan konten untuk bisa meningkatkan relevansinya dengan kata kunci tertentu serta untuk menghilangkan hambatan pada aktivitas search engine

SEO membuat suatu halaman se-relevan mungkin dengan permintaan pencarian yang dipilih dengan meningkatkan struktur situs dan kontennya. Setiap search engine memiliki pendekatan sendiri untuk hasil peringkat. Mereka mengerti apa yang ada di situs untuk dapat menarik perhatian search engine, dan apa yang lebih baik untuk dihilangkan. 

 

Mengapa SEO Menjadi Penting?

Ilustrasi Terkait Pentingnya Suatu Hal. (Foto: Freepik)

Jika situs web Kamu mulai muncul di hasil pencarian, Kamu akan mendapatkan lebih banyak pengunjung situs. Hal ini juga penting karena SEO yang baik dapat memberi Kamu pengunjung yang tepat, yaitu orang-orang yang sudah mencari sesuatu sesuai dengan kata kuncinya.

Kebanyakan orang mengklik situs web di halaman pertama hasil pencarian. Jadi jika Kamu bisa membuat situs web tersebut muncul di sana, maka Kamu berhasil memanfaatkan SEO. Hal yang menarik adalah bahwa search engine tidak selalu memberikan perlakuan khusus ini ke situs web yang terbesar, atau yang paling mahal saja. Mereka umumnya memberikan hal tersebut ke situs web yang memiliki jawaban terbaik untuk pertanyaan pencarian seseorang.

(Baca juga: PT Chlorine Digital Media Dukung UMKM Jawa Barat Melalui Program 1.000 Foto Produk Gratis)

 

Hasil pencarian organik atau berbayar?

Terdapat dua kategori ketika Kamu sedang melakukan pencarian pada search engine, yaitu pencarian organik dan pencarian berbayar. Hasil pencarian organik adalah hasil pencarian yang diberikan oleh search engine dimana hasil tersebut dirasa merupakan jawaban atas pertanyaan Kamu. Semakin tinggi hasil pencarian organik, semakin banyak search engine berpikir bahwa hasil pencarian tersebut merupakan menjawab pertanyaan Kamu.

Contoh Hasil Pencarian

Contohnya jika Kamu memasukkan sebuah pertanyaan pada search engine yang paling populer ini yaitu Google, akan terdapat dua hasil jawaban. Situs web pertama merupakan jawaban dari pencarian organik yang diberikan oleh search engine karena menurut mereka jawaban tersebut relevan dengan pertanyaan yang diajukan Sedangkan situs web kedua merupakan jawaban dari pencarian berbayar, dimana pemilik situs web memasang iklan agar search engine menampilkan situs web tersebut. Tentunya search engine akan menampilkan situs web yang tetap relevan dengan kata kunci meskipun situs web tersebut merupakan hasil pencarian berbayar. 

 

3 Tipe SEO

1. White

Tipe pertama menyediakan penggunaan dengan hanya menerapkan metode promosi yang diizinkan, tanpa mencoba untuk secara langsung mempengaruhi operasi algoritma search engine. Hal ini dapat diterapkan pada konten, ulasan layanan/ produk, dan juga jejaring sosial. Peran penting dimainkan oleh teks SEO, dioptimalkan sesuai dengan persyaratan search engine dan berisi kata kunci yang relevan. 

 

2. Gray

Metode ini sebenarnya tidak secara resmi dilarang, tetapi search engine dapat memperhatikan penggunaannya atau memutuskan peningkatan popularitas. Misalnya tidak direkomendasikan untuk menggunakan banyak kata kunci dalam suatu teks halaman, sehingga mengganggu beberapa hal.

 

3. Black

Merupakan metode pengoptimalan yang dapat menyebabkan promosi situs dengan cepat, tetapi metode yang digunakan bertentangan dengan norma yang berlaku. Sumber daya tersebut kemungkinan besar akan diblokir dan di filter oleh search engine. SEO “black” bahkan mulai meretas sumber daya yang dikunjungi untuk menempatkan tautan mereka di sana.

 

Mengapa posisi teratas dalam hasil search engine penting? 

Posisi teratas di halaman hasil search engine yang relevan disebut juga SERPs (Search Engine Result Page). Hal ini terutama tentang tiga situs web yang berada pada peringkat teratas, karena sebagian besar dari mereka yang mencari pada search engine akan berfokus pada tiga situs web tersebut. Tetapi jika mereka tidak menemukan apa yang dicari pada tiga situs web pertama, mereka sering menyesuaikan pencarian pada situs web pada urutan berikutnya.

(Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Seorang Affiliate Marketer)

 

Bagaimana SEO Membantu Peringkat dalam Pencarian?

Ilustrasi Pencapaian Peringkat yang Lebih Tinggi. (Foto: Freepik)

Salah satu komponen utama dalam search engine adalah penempatan kata kunci yang tepat. Kata kunci adalah sesuatu yang digunakan search engine untuk mencari tahu apa yang dimuat dalam suatu situs web.

 

Setelah memahami SEO lebih dalam, langkah apa yang akan Kamu ambil berikutnya? Konsultasikan bisnismu bersama Chlorine Digital Media, kunjungi https://chlorinedigitalmedia.com/ untuk informasi lebih lanjut 

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?