Chlorine Digital Media

4 Platform Digital Terbaik untuk Menyalurkan Konten Kreatif Kamu!

4 Platform Digital Terbaik untuk Menyalurkan Konten Kreatif Kamu!

Seiring berjalannya waktu, popularitas terkait pembuatan konten semakin meningkat. Saat ini terdapat banyak pilihan platform digital yang dapat Kamu gunakan untuk menyalurkan konten kreatif agar dapat menarik minat masyarakat. Tetapi dengan begitu banyak pilihan, seseorang tetap harus memperhatikan keunikan tersendiri agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat. Berikut ini 4 platform digital yang dapat Kamu pilih untuk menyalurkan konten kreatif Kamu kepada masyarakat luas!

 

1. WordPress

WordPress merupakan salah satu sistem manajemen konten paling populer di dunia dan juga termasuk salah satu yang paling lama karena telah dikembangkan sejak tahun 2003 silam. Beberapa platform sejenis lainnya memiliki banyak hutang kredit kepada WordPress, karena pendahulu mereka sangat menginspirasi proses penerbitan konten. WordPress memiliki berbagai alat penerbitan asli yang gratis untuk digunakan, sehingga memudahkan pemula untuk memulai. WordPress adalah platform open-source, yang berarti terus diperbarui oleh ratusan orang dengan fitur dan perubahan baru.

Disamping itu, WordPress juga memiliki kelemahan tersendiri. Salah satu kelemahan utamanya adalah kurangnya layanan pelanggan atau dukungan teknis dari pengembang WordPress, meskipun ini dapat dihindari dengan memilih layanan hosting terkelola. Sementara WordPress sangat dapat disesuaikan, beberapa pengguna berendapat bahwa platform sejenis lainnya dirasa lebih mudah untuk dipahami dan dipelajari. Namun, jika Kamu mencari solusi yang menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan skalabilitas sambil tetap mempertahankan interface yang relatif mudah untuk pemula, WordPress mungkin akan tetap menjadi pilihanmu. WordPress sendiri cocok bagi penulis & jurnalis, usaha kecil, ataupun bagi pembuat konten profesional penuh waktu.

 

2. Medium

Medium merupakan pilihan populer bagi penulis karena gratis untuk digunakan dan memiliki interface yang mudah dinavigasi. Mereka juga memiliki basis pengguna aktif dan setia yang mendukung serta berbagi konten dan penulis di Medium, sementara ada juga sejumlah besar komunitas dan grup topik spesialis di mana Kamu dapat menemukan tempat yang ideal untuk konten Kamu untuk dilihat. Medium juga menawarkan kemampuan untuk mempublikasikan posting Kamu di media sosial dengan satu klik, sehingga memudahkan orang untuk berbagi konten Kamu. 

Kelemahan yang dimiliki medium terletak pada tampilan posting yang sedang tren, yang mungkin menjadi sesuatu yang tidak Bermanfaat jika Kamu menulis tentang topic tertentu. Meskipun Kamu dapat menyematkan foto dan jenis media lainnya, ini bukan tampilan yang bagus untuk seniman visual karena platform ini sangat menyukai konten berbasis teks. Kamu juga perlu memberikan usaha lebih untuk mendapatkan traffic yang terbatas di Medium. Banyak penulis sangat kompetitif dan menghabiskan berjam-jam sehari mengoptimalkan tag, mengomentari artikel Medium lainnya, dan mencoba untuk dilihat. Karena Medium membutuhkan biaya berlangganan untuk akses tak terbatas, pembaca benar-benar datang dengan harga premium. Medium lebih cocok bagi penulis konten teknologi, pengguna twitter power-user, blogger politik, calon influencer bisnis, dan juga bagi orang-orang dengan banyak waktu untuk mempromosikan diri.

 

3. Substack

Platform Substack adalah pilihan yang sangat baik bagi Kamu para penulis independen, jurnalis, dan mereka yang ingin mendorong tulisan mereka ke khalayak yang lebih luas. Platform ini gratis bagi siapa saja untuk digunakan, sehingga Kamu bisa mendapatkan pekerjaan Kamu di luar sana tanpa menghabiskan banyak uang. Penulis substack juga bisa mendapatkan uang melalui platform. Kamu dapat menyiapkan opsi langganan berbayar untuk pelanggan yang cukup menghargai konten Kamu untuk membayar Kamu biaya bulanan atau tahunan. Substack mungkin akan cocok bagi Kamu sebagai penulis freelancer, pembuat buku komik, jurnalis berita lokal, novelis dan penulis fiksi.

 

4. Patreon

Patreon merupakan pilihan yang sangat baik bagi pembuat konten yang ingin memonetisasi karya video, audio, dan fotografi inovatif melalui langganan bulanan. Podcaster dan blogger suka menggunakan Patreon dalam hubungannya dengan platform lain sebagai cara untuk memonetisasi penawaran premium sambil tetap menerbitkan beberapa konten gratis.  Hampir serupa dengan Substack, penggemar konten Kamu dapat menjadi pelanggan dengan menjanjikan sejumlah uang setiap bulan untuk mendukung pekerjaan Kamu. Model berlangganan juga mendorong penggemar untuk memberi Kamu uang yang konsisten, yang lebih dapat diprediksi daripada sumbangan satu kali dan kampanye penggalangan dana. Sejauh harga, Patreon hanya mengambil persentase kecil dari biaya berlangganan bulanan Kamu, berdasarkan berapa banyak fitur yang Kamu butuhkan. Meskipun mudah untuk memulai tanpa biaya dimuka dari pencipta, dengan komisi hingga 12% pergi ke Patreon, penting untuk memikirkan berapa banyak keuntungan yang ingin Kamu berikan kepada platform. Platform Patreon cocok bagi musisi, pembuat video, seniman visual, tutorial online, dan podcasting berbayar.

 

Bagaimana cara memilih platform yang tepat untuk Kamu?

Pada awalanya mungkin akan terasa sulit untuk memilih platform mana yang paling sesuai dengan konten kreatif yang Kamu buat. Namun keputusan tersebut merupakan keputusan tersendiri yang akan tergantung pada kebutuhan dan tujuan Kamu sebagai pembuat konten kreatif. 

WordPress akan menjadi pilihan terbaik bagi Kamu pembuat konten yang menginginkan tingkat penyesuaian dan kontrol maksimum, WordPress kemungkinan adalah pilihan terbaik. Sedangkan Medium merupakan pilihan yang tepat jika Kamu suda berpengalaman dalam membuat konten karena terdapat komunitas penulis yang besar dan audiens yang aktif. Bagi Kamu yang baru saja memulai dan ingin membangun konten berbasis email secara gratis, mudah digunakan, dan tidak memerlukan pengetahuan pengkodean apa pun, maka Kamu dapat memilih platform Substack. Terakhir, untuk pembuat visual yang ingin menghasilkan uang dari pekerjaan, Kamu dapat memilih Patreon yang menawarkan serangkaian fitur yang luas.

 

Ingin mengikuti pelatihan seputar digital marketing? Segera kunjungi https://chlorinedigitalacademy.com/ untuk informasi lebih lanjut!

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?