Chlorine Digital Media

Apa Saja Peran Seorang Manajer Digital Marketing?

Apa Saja Peran Seorang Manajer Digital Marketing?

Bidang digital marketing yang terus tumbuh berkembang dalam popularitas, mungkin membuat Kamu bertanya-tanya apa saja peran seorang manajer digital marketing? Atau kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang  manajer digital marketing?

Seorang manajer digital marketing tentunya memainkan peran penting dalam mengembangkan dan mempertahankan kesadaran merek di dunia digital, mereka seringkali disebut juga sebagai growth hacker. Kemampuan utama yang tentunya harus dimiliki oleh seorang manajer digital marketing adalah memahami dunia digital sebagai media pemasaran, seperti contohnya situs web dan media sosial. 

 

Apa yang Dilakukan Oleh Seorang Manajer Digital Marketing?

Sebagai seorang manajer digital marketing, Kamu harus melakukan berbagai tugas secara bersamaan. Karena dalam menjalankan strategi pemasaran, beberapa hal perlu dijalankan dalam satu waktu yang sama agar mendapatkan hasil yang optimal.

 

1. Membuat Perencanaan Kampanye Promosi Produk

Ilustrasi seorang manajer sedang membuat perencanaan kampanye. (Foto: Freepik)

Perencanaan bukanlah suatu hal yang mudah, mencari hal baru dengan kreativitas dan harus diterima oleh konsumen menjadi tantangan tersendiri bagi seorang manajer digital marketing. Bersamaan dengan tugas content creator dalam menghasilkan konten tertulis dan visual untuk menemani kampanye, tugas manajer digital marketing adalah membuat perencanaan yang rinci terkait konten apa yang harus dibuat tim, dan bagaimana caranya untuk menarik konsumen. Mereka perlu membuat rancangan kampanye yang didasarkan pada analisis persaingan serta keefektifan kampanye terdahulu yang pernah dijalankan.

(Baca juga: 5 Alasan Mengapa Digital Marketing Sangat Penting untuk Bisnis Kamu!)

 

2. Mengeksekusi Perencanaan Kampanye Promosi Produk

Ilustrasi seorang manajer telah melaksanakan kampanye. (Foto: Freepik)

Setelah membuat perencanaan kampanye dengan matang, selanjutnya tentu saja seorang manajer digital marketing harus mengeksekusi perencanaan tersebut. Maka dari itu seorang manajer digital marketing harus memiliki pengetahuan mendalam tentang platform dan tren yang banyak diminati agar dapat tepat sasaran kepada target konsumen. Dalam hal ini juga termasuk mengoptimalkan kampanye pemasaran seperti menggunakan strategi pemasaran email, media sosial, dan iklan digital. 

 

3. Menganalisis Pengalaman Konsumen di Berbagai Platform Pemasaran

Ilustrasi manajer sedang menganalisis. (Foto: Freepik)

Kegiatan analisis menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Karena melalui analisis, seorang manajer digital marketing dapat mengetahui seberapa efektif strategi pemasaran yang sudah ia rancang dan jalankan. Mengukur dan melaporkan bagaimana semua kampanye digital marketing dilakukan, dan menilai hasil tersebut terhadap tujuan pemasaran dengan menggunakan kemampuan analitis yang kuat untuk mengevaluasi pengalaman yang didapatkan oleh konsumen. 

 

4. Melakukan Perencanaan Kampanye yang Baru

Ilustrasi rencana kampanye baru. (Foto: Freepik)

Pekerjaan seorang manajer digital marketing memang memiliki life cycle tersendiri, yaitu membuat perencanaan, mengeksekusi perencanaan, menganalisis hasil, dan kembali membuat perencanaan berdasarkan hasil analisis. Namun kenyataannya memang tidak semudah yang dibayangkan, perlu kreativitas dan ide baru setiap saat untuk dapat menghasilkan strategi pemasaran yang out of the box dan berbeda dengan kompetitor. Beberapa kemampuan penunjang juga diperlukan untuk dapat mengoptimalkan pekerjaan seorang manajer digital marketing.

(Baca juga: Bagaimana Digital Marketing Bekerja untuk Bisnis Kamu?)

 

Lantas, Kualifikasi Apa Saja yang Harus Dimiliki Seorang Manajer Digital Marketing?

Ilustrasi kemampuan seorang manajer. (Foto: Freepik)

  1. Memahami dasar-dasar bidang pemasaran yaitu pemahaman menyeluruh tentang produknya dan memastikan produk yang akan dijual kepada target konsumen. Hal ini berkaitan erat dengan konsep marketing mix atau bauran pemasaran mendasar 4P (product, place, price, dan promotion), saluran pemasaran, perilaku Konsumen, siklus pembelian, riset pasar dan lainnya.

  1. Sangat penting untuk mengikuti tren teknologi terbaru, termasuk berpengalaman dalam analisis situs web dan penggunaan tools analisis data. Seorang manajer digital marketing harus memahami bagaimana tren teknologi yang muncul untuk dapat memberikan konsumen pengalaman yang unik dan mendalam.

  1. Salah satu kunci utamanya adalah memahami peran yang dimainkan oleh konten dalam strategi digital marketing, termasuk membuat konten untuk SEO (Search Engine Optimization), media sosial, blog, situs web, email, video, dan masih banyak lagi. Menyelaraskan antara branding dan pesan dalam konten digital marketing dengan materi pemasaran yang terdahulu sangat penting untuk mempromosikan konsistensi merek demi mengikuti perkembangan zaman.

  1. Memiliki pengalaman dan sertifikasi sebagai seorang digital marketer untuk menambah kredibilitas. Dengan bersertifikat, maka keahlian profesional tidak diragukan lagi dan sangat mudah untuk dapat  menunjukkan keahlian dalam kampanye pemasaran. Tertarik untuk memiliki sertifikasi sebagai seorang digital marketer? Kunjungi https://chlorinedigitalacademy.com/ untuk informasi lebih lanjut.

  1. Beberapa hard skill pun perlu dimiliki oleh seorang digital marketer, yaitu pengetahuan tentang sejumlah tools pemasaran dan analisis web seperti Google Adwords, Google Analytics, Taboola, Outbrain dan platform situs web lainnya. Kemudian pengetahuan tentang langkah-langkah dalam menyiapkan dan menjalankan tools pemasaran email seperti HubSpot, Sendinblue, Omnisend, MailChimp dan Mailjet. Wawasan tentang analisis keywords serta implementasi, pemantauan, dan manajemen SEO (Search Engine Optimization). 

  1. Tak hanya hard skill, namun beberapa soft skill pun perlu dimiliki oleh seorang digital marketer. Manajemen waktu yang baik dan kemampuan untuk memprioritaskan tugas, berjiwa kepemimpinan, komunikasi baik secara verbal maupun nonverbal, attention to detail, serta kemampuan untuk dapat bekerja secara mandiri.

 

Apakah Kamu tertarik untuk memasuki dunia karir dalam digital marketing? Terdapat banyak hal yang dapat Kamu lakukan untuk membiasakan diri, serta ada banyak peluang untuk pelatihan baik secara online maupun offline yang sangat fleksibel. Sebagai langkah awal, Kamu dapat mencoba untuk mendalami beberapa aplikasi pemasaran, seperti blog atau situs web dan postingan media sosial tentang apa yang Kamu lakukan, kemudian mengembangkan pemahaman yang kuat tentang SEO dan analitik. Ketahui lebih lanjut mengenai pelatihan digital marketing dengan mengunjungi https://chlorinedigitalacademy.com/

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?