Chlorine Digital Media

Yuk, Kuasai 20 Istilah Digital Marketing Dalam Situs Web dan SEO!

Yuk, Kuasai 20 Istilah Digital Marketing Dalam Situs Web dan SEO!

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa ketika Kamu memasuki bidang digital marketing, maka Kamu akan bertemu dengan begitu banyak kosakata baru dan Kamu perlu mengetahui arti dari setiap kata yang ada. Setelah mengetahui 14 istilah digital marketing dalam media sosial, berikut ini 20 istilah digital marketing lainnya.

(Baca juga: Yuk, Kuasai 14 Istilah Digital Marketing Dalam Media Sosial!)

 

Istilah Digital Marketing dalam Situs Web

Ilustrasi Seseorang Sedang Mengunjungi Suatu Situs Web. (Foto: Freepik)

1. Session

Session atau sesi merupakan metrik yang menunjukkan jumlah total pengguna berkunjung ke situs web dalam jangka waktu tertentu.

 

2. Users

Users atau pengguna merupakan metrik yang menunjukkan  jumlah pengguna yang mengunjungi situs web selama periode tertentu.

 

3. Pageviews

Pageviews atau tampilan halaman menunjukkan berapa kali halaman situs web dilihat selama sesi.

 

4. Time on Page

Time on page atau waktu pada halaman sama dengan durasi dari waktu halaman dimuat sampai ketika pengguna keluar dari halaman.

 

5.  Session Duration

Session duration atau durasi sesi adalah total periode dari saat halaman pertama dimuat sampai pada halaman terakhir dimuat.

 

6. Bounce Rate

Bounce rate menunjukkan persentase kunjungan dari pengguna yang langsung meninggalkan website setelah membuka satu halaman situs.

Ilustrasi Seseorang Sedang Menganalisis Situs Web. (Foto: Freepik)

 

7. Visitor Type 

Visitor type atau tipe pengunjung menunjukkan pengunjung baru yang belum pernah mengunjungi situs web sebelumnya.

 

8. Source

Source atau sumber menunjukkan bagaimana cara pengguna menemukan situs web, contohnya melalui machine learning, memasukkan domain, atau yang berasal dari situs web lain. 

 

9. Medium

Medium menunjukkan kategori umum kunjungan situs web seperti CPC (Cost Per Click).

 

10. Feature Interaction Tracking

Feature interaction tracking digunakan untuk melacak interaksi dengan fitur di situs web.

 

11.  URL (Uniform Resource Locator)

URL merupakan tautan lengkap ke suatu halaman dari sebuah website.

 

12. Page One

Page one merupakan istilah untuk suatu situs yang berada pada halaman pertama di search engine seperti Google.

 

Istilah Digital Marketing dalam SEO dan Content Marketing

Ilustrasi Komponen SEO dan Content Marketing. (Foto: Pexels )

 

1. Black Hat

Teknik SEO yang disebut sebagai black hat menggunakan cara yang tidak etis dan sering memberikan spam untuk bisa mendapatkan keuntungan tersendiri. Biasanya search engine akan menindak black hat dan memberikan konsekuensi terhadap situs tersebut dengan cara menurunkan intensitas hasil pencarian atau bahkan masuk kedalam daftar “dark web”. Maka dari itu sangat penting bagi kita sebagai seorang digital marketer untuk tidak menggunakan teknik ini.

 

2. A/B Testing

A/B testing merupakan suatu cara perbandingan dari halaman web atau konten (seperti email atau akun media sosial) yang digunakan untuk melihat saluran pemasaran mana yang paling efektif untuk digunakan. Biasanya para pemasar melakukan A/B testing pada judul, format konten, tata letak, atau hal lainnya. Tes ini akan dilakukan dengan menggunakan sampel kecil dari pengguna untuk waktu yang singkat sampai ada data yang cukup untuk menentukan saluran mana yang paling unggul.

 

3. Heat Map

Heat map digunakan untuk menunjukkan bagian mana dari pengguna web yang paling banyak melakukan interaksi dengan cara menganalisis data dari web seperti clicks, scrolls, atau pauses. Heat map juga dapat menunjukkan bagaimana pengguna berinteraksi di sekitar situs dan di mana mereka mengambil tindakan seperti mengklik konten ataupun tidak, dimana informasi tersebut akan sangat berguna bagi pemasar untuk menentukan strategi peletakan konten berikutnya. 

 

4. Influencer

Influencer merupakan suatu individu atau merek dengan reputasi yang bisa dikatakan baik dan dapat memberikan pengaruh serta tingkat keterlibatan yang tinggi. Saat ini terdapat banyak merek yang bekerja sama dengan para influencer untuk memanfaatkan keterlibatan dan faktor kepercayaan masyarakat kepada mereka, sehingga diharapkan influencer dapat memberikan pengaruh baik dari segi penjualan maupun meningkatkan citra merek dimata konsumen dan target konsumen. Konsumen seringkali lebih mempercayai influencer dibandingkan dengan iklan biasanya karena adanya keterlibatan emosi dan kepercayaan terhadap suatu individu sehingga biasanya influencer dapat memberikan dampak besar bagi kegiatan pemasaran suatu merek.

Ilustrasi Komponen SEO dan Content Marketing. (Foto: Pexels)

 

5. SERP (Search Engine Result Page)

Search engine result page atau dalam bahasa indonesianya adalah halaman hasil mesin pencari, merupakan tampilan halaman berisi informasi yang dicari seseorang lewat search engine seperti Google.

 

6. Schema 

Schema bisa dikatakan sebuah kode yang digunakan pada suatu situs untuk menampilkan informasi singkat yang informatif di SERP (Search Engine Result Page), jadi dengan menggunakan schema Kamu bisa mengetahui informasi apa saja yang ada di dalam konten suatu situs web.

 

7. Keyword 

Keyword atau kata kunci merupakan kata-kata atau frasa yang digunakan seseorang untuk menemukan informasi yang mereka cari di search engine. Kata kunci dapat disebut juga sebagai kata tunggal, atau pertanyaan. Kata kunci dengan lebih dari satu frasa atau kalimat pertanyaan yang lebih panjang dikenal juga sebagai long-tail keywords.

 

8. User-Generated Content

User-generated content merupakan konten tidak berbayar yang dibuat dan dibagikan oleh pengguna atau konsumen pada media sosial dan platform lainnya, konten tersebut dapat  berbentuk teks, gambar atau video tentang suatu merek atau produk. Konten yang dibuat oleh pengguna dapat membantu merek dalam memahami tentang bagaimana para konsumen menggunakan produk atau layanan yang mereka tawarkan.

(Baca juga: Tak Perlu Diragukan, Ini Dia Peluang Karir di Bidang Digital Marketing! (Bagian 1))

 

Mempelajari istilah dalam digital marketing memang perlu untuk terus dikembangkan dan membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi. Tak sedikit perusahaan yang menyerahkan tugas terkait digital marketing kepada ahlinya dibandingkan dengan mempelajarinya sendiri. PT Chlorine Digital Media dapat menjadi solusi untuk permasalahan digital marketing Kamu! Segera kunjungi https://chlorinedigitalmedia.com/ untuk mendapatkan penawaran terbaik bagi bisnismu. 

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?