Chlorine Digital Media

Universitas di Jawa Barat dan Perannya Dalam Membangun Ekosistem Digital

Universitas di Jawa Barat dan Perannya Dalam Membangun Ekosistem Digital

Jenjang pendidikan tingkat universitas merupakan salah satu gerbang akhir menuju dunia pekerjaan yang sesungguhnya. Artinya sumber daya manusia yang ada perlu memiliki kecakapan dalam segala aspek, salah satunya aspek digital yang tengah berkembang selama beberapa tahun terakhir. Ekosistem digital yang tengah dibangun membutuhkan bantuan dari berbagai pihak agar dapat terus berkembang pesat dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi secara global. Jenjang pendidikan tingkat universitas dapat memberikan peran penting seperti yang diterapkan oleh beberapa universitas di Jawa Barat.

 

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kominfo

Dilansir dari berita yang diterbitkan oleh Bandung Bisnis, Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) kala itu berpendapat bahwa salah satu indikator kesuksesan dari negara-negara yang telah lebih dulu berkecimpung dalam ekosistem ekonomi digital adalah startup (bisnis rintisan) teknologi. Ia juga berkeyakinan bahwa Bandung dengan kreativitasnya menjadi salah satu yang terdepan di Indonesia untuk dapat melahirkan startup digital yang nantinya diharapkan menjadi kekuatan ekonomi digital Indonesia dengan target nilai US$130 miliar di 2020 mendatang.

Dengan adanya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Bandung misalnya, terdapat 2.000 pendaftar di tahap awal yang tertarik dengan usaha rintisan digital. Kemudian sebanyak 100 pendaftar yang antusias mengikuti Technopreneurship Orientation Program (TOP) Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (LPIK ITB) setiap periodenya. Hadirnya beberapa perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Telkom University dan sederet kampus lainnya yang berkecimpung dalam bidang teknologi juga turut mendukung pembangunan ekosistem digital khususnya di Jawa Barat.

(Baca juga: Ketahui Seputar Ekosistem Digital di Jawa Barat, Yuk!)

 

Universitas Siber di Jawa Barat

Menurut situs web smart city Kota Bandung, 3 dari 5 universitas dengan jurusan cyber security terbaik di Indonesia tahun 2020 merupakan universitas yang berada di Jawa Barat, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Telkom, dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

ITB memiliki visi mendukung sekolah teknik elektro dan informatika ITB menjadi institusi pendidikan tinggi, pengembang ilmu pengetahuan teknologi keamanan informasi yang unggul dan terkemuka di Indonesia dan diakui di dunia.ITB Bandung juga ingin berkontribusi secara aktif untuk turut mencerdaskan bangsa. Cyber Security Center ITB berada di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Universitas Telkom Bandung yang mulai berdiri pada tahun 2013 di Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Indonesia, Bandung yang sebelumnya tersebar pada beberapa titik di Kota Bandung. Universitas Telkom merupakan universitas pertama yang memiliki Agreement sebagai Authorized Academy Center (AAC). Program S2 dengan jurusan Cyber Security akan terfokus di dua fakultas, yaitu fakultas informatika dan fakultas teknik elektro.

IPDN merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan. Kampus IPDN berlokasi di Jalan Ir. Soekarno, Desa Cibeusi, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Kampus dengan standar keamanan siber tertinggi di Indonesia, memiliki mahasiswa unggul yang akan menjalankan tugas untuk meneruskan pertahanan pemerintah Indonesia di bidang dunia digital.

Mahasiswa ditempatkan di dalam asrama kampus dengan peraturan-peraturan yang sudah diatur oleh pihak kampus. Setiap pelanggaran yang dilakukan akan mendapatkan sanksi, dimulai dari sanksi ringan sampai sanksi berat. Siswa memiliki akses untuk mengetahui rahasia negara Indonesia yang tidak dapat diakses oleh kampus/universitas siber Asia lainnya.

 

Digital Campus Ecosystem Universitas Telkom Bersama Telkomsel

Telkomsel menghadirkan program pengembangan keahlian di bidang teknologi informasi bagi mahasiswa Universitas Telkom. Program tersebut didukung dengan pemanfaatan laboratorium teknologi terkini milik Telkomsel agar sekaligus dapat meningkatkan keahlian profesi bagi mahasiswa secara komprehensif.

Selain itu, untuk meningkatkan produktivitas para mahasiswa dalam menimba ilmu, Telkomsel menghadirkan aplikasi Digital Solution yang mampu mendukung kegiatan perkuliahan mereka seperti pengelolaan jadwal kuliah, live stream perkuliahan, dan mengakses nilai mata kuliah. Telkomsel turut memberi kesempatan bagi para mahasiswa Telkom University untuk meningkatkan keahliannya melalui program CSR Telkomsel seperti Indonesia Next yang memberikan sertifikasi keahlian profesi dan Digital Creative Millennials yang mengajak pengusaha startup ternama untuk memberikan pelatihan kewirausahaan berbasis digital.

Ekosistem digital di Telkom University oleh Telkomsel dilengkapi dengan aplikasi LinkAja sebagai metode pembayaran digital uang kuliah. Sebagai bentuk komitmen untuk selalu memberikan solusi yang menyeluruh, Telkomsel akan memenuhi kebutuhan komunikasi bagi mahasiswa di Telkom University melalui program bundling smartphone dengan harga dan cicilan yang terjangkau.

Universitas Pasundan Menggagas Super-App untuk Ekosistem Digital UMKM
Gagasan terkait Super-App muncul di tengah era pandemi dimana UMKM banyak terdampak akibat pembatasan aktivitas, sehingga UMKM yang belum hadir secara digital kehilangan pangsa pasar yang berdampak pada penjualannya. Menurut Budi Septiawan, SE., M.Ak., MBA selaku salah satu dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pasundan, super app ini diharapkan memiliki fiturnya lengkap dan mampu mengakomodasi kebutuhan UMKM. Seluruh aktivitas bisnis UMKM akan tampil dalam satu dashboard dan tidak hanya didominasi aktivitas penjualan online. Beberapa fitur yang diharapkan adalah fitur penjualan, pengiriman, pembelian, dan persediaan; fitur pembayaran dan pelaporan; fitur pembiayaan; fitur pelatihan dan modul-modul bisnis; fitur portal berita umkm; dan fitur promosi dan branding.

 

Telkom University Gelar Bandung ICT EXPO 2019

Merujuk pada berita Jabar Publisher, Tel-U berusaha menjadi Universitas Pelopor Ekosistem Digital dengan menggelar acara Bandung ICT EXPO 2019, even ini juga menjadi momentum puncak perayaan HUT Tel-U yang ke-6. Selain sebagai puncak perayaan ulang tahun ke-6 Telkom University, tujuan penyelenggaraan event ini untuk mempertemukan dan membangun sinergi antara universitas, industri, pemerintah, dan masyarakat. Agar terwujud ekosistem inovasi, lahirnya startup, dan munculnya talent-talent digital untuk pengembangan ekonomi digital Indonesia.

(Baca juga: Membangun Ekosistem Digital Pada Tingkat SMK di Jawa Barat)

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?