Chlorine Digital Media

Tak Perlu Diragukan, Ini Dia Peluang Karir di Bidang Digital Marketing! (Bagian 1)

Tak Perlu Diragukan, Ini Dia Peluang Karir di Bidang Digital Marketing! (Bagian 1)

Meniti karir pada bidang digital marketing tengah diminati sejak beberapa waktu lalu, terlebih lagi hadirnya pandemi Covid-19 yang membuat semua orang terjun ke dunia internet dan terdapat banyak bisnis yang akhirnya melakukan digitalisasi di berbagai aspek. Internet juga semakin cepat berintegrasi dengan kehidupan manusia sehari-hari, sehingga bidang digital marketing dianggap sebagai pilihan karir yang menjanjikan dengan potensi besar.

Terdapat banyak pilihan untuk berkarir pada bidang digital marketing dalam berbagai industri di perusahaan. Setiap karir yang berbeda memiliki beragam variasi dalam hal keterampilan yang dibutuhkan, bakat, dan juga kemampuan alami. Kebanyakan perusahaan yang terlibat dalam bidang digital marketing seringkali membebaskan karyawannya untuk mencari beragam ide dan kreativitas yang luas, rata-rata karyawan pada perusahaan semacam ini tergolong anak muda dengan ide-ide segar dan mengarah ke budaya berpakaian dan kerja informal.

(Baca juga: 4 Strategi Pemasaran Konten Interaktif untuk Digital Marketing)

Jika Kamu tertarik untuk meniti karir pada bidang digital marketing, Kamu dapat mengikuti sertifikasi digital marketing dalam jangka pendek lalu kemudian mendapatkan pekerjaan. Salah satunya Kamu dapat mengambil sertifikasi di PT Chlorine Digital Media, kunjungi https://chlorinedigitalacademy.com/ untuk informasi selengkapnya. Nah berikut ini beberapa peluang karir di bidang digital marketing!

 

1. Digital Marketing Manager

Ilustrasi Seorang Digital Marketing Manager. (Foto: Pexels)

Manajer merupakan salah satu posisi tertinggi di bidang digital marketing. Untuk menempati posisi ini setidaknya dibutuhkan pengalaman bertahun-tahun di lapangan dan juga sertifikasi. Seorang manajer yang harus memiliki pemahaman yang kuat tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan bisnis. Ia harus memiliki pengalaman yang terbukti dapat menjaga pengembangan kegiatan pemasaran secara keseluruhan, ia juga harus membuat strategi untuk memastikan dan mengarahkan lebih banyak traffic pemasaran, menjalankan kampanye pemasaran, menjaga pembaruan situs web secara teratur, serta melakukan perbaikan situs web jika diperlukan. 

Jika Kamu sudah memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang digital marketing, maka Kamu dapat melamar posisi manajer digital marketing. Siapa pun yang menduduki posisi ini juga harus memiliki keberanian untuk mengambil risiko, memegang teguh keputusan, dan merencanakan masa depan. Saat ini terdapat banyak perusahaan yang tengah mencari manajer digital marketing karena mereka menginginkan seseorang yang dapat memimpin tim dan memberikan bukti nyata.

 

2. Social Media Manager

Jika Kamu tertarik dengan media sosial dan menyukai kreativitas, maka posisi ini cocok untuk Kamu. Untuk menjadi seorang manajer media sosial atau bisa juga disebut sebagai eksekutif media sosial tentu saja harus memiliki banyak pengetahuan tentang semua platform media sosial sebagai syarat dasar menempati posisi tersebut. Saat ini setiap bisnis pasti memiliki media sosial untuk kegiatan pemasaran, mungkin hanya sebagian kecil dari mereka yang belum memilikinya. Bagi mereka yang memiliki media sosial tentunya membutuhkan orang-orang yang dapat mengoperasikan akun media sosial, jadi tanggung jawab seorang manajer media sosial adalah untuk mengawasi tren media sosial terbaru dan mengembangkan strategi media sosial yang sesuai. Ia harus secara teratur mengkoordinasikan dan mengarahkan tim konten untuk menghasilkan kampanye pemasaran yang baik, sehingga diperlukan beberapa sesi brainstorming untuk mendapatkan banyak ide kampanye pemasaran yang sesuai tren  dapat diterima konsumen. 

 

3. Content Manager

Ilustrasi Seorang Content Manager. (Foto: Freepik)

Konten berperan besar dalam aktivitas pemasaran, sehingga diperlukan seseorang yang memang ahli dibidangnya agar dapat menghasilkan konten yang berkualitas agar pesan pemasaran dapat tersampaikan dengan tepat. Untuk menjadi seorang manajer konten tidak hanya sekedar memahami cara membuat konten dengan SEO saja tetapi bagaimana mengatur, menyimpan, dan mengelolanya secara efektif. Peran seorang manajer konten adalah melakukan pengambilan keputusan tentang apa yang perlu ditulis dan apa semua topik yang harus ditulis oleh tim. Manajer konten harus dapat bertanggung jawab atas strategi media sosial, mengelola tim penulis, membentuk timeline yang efektif, membuat video yang menarik, hingga melaporkan dan menyusun strategi menggunakan analitik. Ia akan terus terlibat dalam proses pengeditan, proofreading, dan penerbitan konten sehingga bertanggung jawab juga untuk menjaga kualitas konten pada seluruh saluran pemasaran. 

Jadi, seorang manajer konten yang baik tidak hanya menjadi penulis saja tetapi juga mengatur jalannya konten di berbagai saluran pemasaran. Ia juga harus pandai dalam membangun hubungan yang baik, memiliki kreativitas, terarah dan terorganisir.

 

4. SEO Manager

Digital marketing sangat erat hubungannya dengan optimasi search engine sehingga sebagian besar bisnis ingin berada pada peringkat tinggi di hasil pencarian search engine. Maka dari itu para ahli SEO sangat diminati oleh beberapa perusahaan karena mereka ingin selalu berada pada peringkat atas pencarian seperti Google dan hal tersebut dapat dicapai jika memiliki seorang ahli SEO. Seorang ahli SEO akan terus bekerja tentang bagaimana ia dapat menarik peringkat perusahaan agar selalu berada di bagian atas search engine, sehingga ia akan selalu memiliki tanggung jawab dalam mengawasi penelitian SEO untuk membantu tim pemasaran dalam menjalankan kampanye yang efektif, serta untuk mengoptimalkan situs web perusahaan, halaman media sosial, dan upaya konten lainnya. SEO sangat penting untuk kampanye digital marketing untuk dapat mengoptimalkan kinerja kampanye. Saluran pemasaran seperti e-commerce sangat bergantung pada traffic situs web sehingga strategi SEO yang tepat sangat diperlukan. 

 

Itu dia 4 peluang karir pada bidang digital marketing yang dapat Kamu pertimbangkan untuk meniti karir kedepannya. Untuk memulai karir sebagai seorang digital marketer, sangat disarankan untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi sebagai langkah awal. Segera kunjungi https://chlorinedigitalacademy.com/ untuk informasi lebih lanjut!

(Baca juga: Tak Perlu Diragukan, Ini Dia Peluang Karir di Bidang Digital Marketing! (Bagian 2))

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?