Chlorine Digital Media

SEO vs SEM, Ketahui Perbedaannya!

SEO vs SEM, Ketahui Perbedaannya!

Menentukan keputusan antara memilih SEO atau SEM bisa menjadi hal yang sulit terutama jika Kamu baru saja mempelajari hal-hal terkait optimasi pencarian. Meskipun mereka mungkin terdengar sama pada awalnya, pendekatan masing-masing untuk optimasi pencarian cukup berbeda. Oleh karena itu, Kamu perlu memahami bagaimana kedua strategi ini bekerja untuk memilih yang terbaik bagi strategi digital marketing kedepannya.

 

Apa itu SEO?

Balok SEO. (Foto: Pexels)

Dengan Search Engine Optimization atau SEO, Kamu fokus pada mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan traffic dari hasil pencarian organik. Artinya, Kamu tidak akan mengeluarkan biaya sepeserpun untuk meningkatkan peringkat di search engine. Terdapat banyak cara untuk mengoptimalkan suatu situs web, salah satunya dengan memperhatikan konten yang dibuat dan termasuk juga di dalamnya kata kunci apa yang digunakan. Kamu juga bisa menggunakan URL, judul halaman, deskripsi, dan tag. Selain itu, kualitas konten juga memainkan peran penting dalam memastikan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Setiap search engine memiliki algoritma sendiri tentang bagaimana mereka menampilkan hasil per kata kunci yang dicari, hal ini mengharuskan Kamu untuk terus mengubah taktik untuk mempertahankan peringkat SEO. Kamu dapat mengikuti pelatihan digital marketing untuk terus menambah pengetahuan dan wawasan tentang SEO atau mempekerjakan ahli yang dapat mengaudit konten Kamu untuk memastikan semuanya dioptimalkan.

Kelebihan terbesar dari SEO adalah tidak menggunakan biaya. Dengan melakukan upaya dalam meneliti dan memahami tren dan algoritma pencarian, Kamu dapat meningkatkan peringkat dan visibilitas situs web tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. SEO juga  memberikan aliran traffic tertarget yang terus menerus dan meningkatkan peluang konversi.

Beberapa komponen yang termasuk kedalam SEO antara lain situs web, analisis, konten, backlinks, kata kunci, traffic, peringkat, dan optimisasi. 

(Baca juga: Manfaat Penggunaan SEO yang Perlu Kamu Ketahui)

 

Apa itu SEM?

Balok SEM. (Foto: Pexels)

SEM atau Search Engine Marketing, merupakan strategi pemasaran untuk bisnis yang menggunakan iklan organik dan berbayar dalam hasil search engine. Ini memanfaatkan SEO untuk strategi kata kunci dan konten dan iklan bayar per klik untuk meningkatkan peringkat dan mengarahkan traffic.

Pemasaran SEM pada dasarnya melibatkan penelitian komprehensif tentang kata kunci apa yang akan digunakan, kata kunci mana yang relevan, dan kata kunci mana yang sering muncul dalam pencarian. Hal ini bisa membantu dalam menentukan kata kunci mana yang akan dipilih selama memasang iklan. Dengan cara ini maka halaman web, halaman arahan, dan artikel blog akan muncul di pencarian mereka menggunakan kata kunci tersebut.

Salah satu manfaat menggunakan SEM adalah adanya traffic yang sangat berkualitas ke halaman situs web. Karena menghasilkan klik dengan memungkinkan pengguna untuk memfilter kata kunci yang relevan, Kamu bisa mendapatkan pengunjung yang berpotensi tertarik dengan merek Kamu, sehingga lebih mudah untuk mengubahnya menjadi konsumen dalam prosesnya.

Kelemahannya ada pada sisi anggaran biaya. Mereka yang memiliki anggaran iklan terbesar memiliki pengaruh yang lebih besar selama pemasangan iklan, terutama untuk kata kunci yang sangat kompetitif. Meskipun demikian, biaya tidak menjadi satu-satunya persyaratan untuk memastikan keberhasilan dalam penggunaan SEM.

Beberapa komponen yang termasuk kedalam SEM antara lain search engine, pemasaran, target audiens, konten, link, dan peringkat.

 

Ilustrasi Persamaan dan Perbedaan. (Foto: Pexels)

Persamaan SEO & SEM

Baik SEO maupun SEM merupakan alat yang efektif untuk mengiklankan layanan/ produk secara online. Hal ini mengoptimalkan situs web sehingga akan mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Dengan cara ini, Kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dalam prosesnya. Sementara mereka menggunakan metode yang berbeda dalam penerapannya, mereka berbagi beberapa kesamaan dalam strateginya. Bagaimanapun, SEM menggunakan elemen SEO dalam penerapan strateginya.

Kata kunci memainkan peran penting dalam meningkatkan situs web, apakah akan menggunakan SEO atau SEM. Dalam SEO, kata kunci yang relevan digunakan ke dalam konten yang termasuk didalamnya deskripsi, tag, dan judul untuk dapat meningkatkan peringkat Kamu dalam hasil pencarian. Sedangkan dalam SEM, Kamu perlu menentukan kata kunci mana yang sekiranya akan dicari. Demikian juga, keduanya memerlukan pengujian rutin dan pengoptimalan yang tepat untuk memastikan bahwa situs web Kamu tetap di atas hasil pencarian.

Selain itu, SEO dan SEM mengharuskan Kamu untuk mengetahui dan memahami cara kerja dari search engine dan bagaimana target audiens berperilaku, dimana kedua faktor tersebut selalu berubah. Dengan mengawasi perubahan ini, Kamu dapat memastikan bahwa strategi Kamu baik itu SEO maupun SEM dapat beradaptasi sesuai keadaan. Kamu juga dapat mengikuti serangkaian pelatihan terkait SEO/ SEM untuk mempelajari ren terbaru yang relevan dengan pasar saat ini. 

(Baca juga: Pelajari SEO Lebih Dalam, Yuk)

 

Perbedaan SEO & SEM

Perbedaan utama antara SEO dan SEM terletak pada biaya yang perlu dikeluarkan, dimana SEO bergantung pada pencarian organik sementara SEM menggunakan iklan berbayar dalam bentuk PPC. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, SEO berfokus pada mengoptimalkan konten situs web dengan memasukkan kata kunci yang relevan dalam judul, URL, tag, dan juga hal lainnya. Selain kata kunci, beberapa tautan yang disematkan di halaman web dan pengalaman pengguna secara keseluruhan juga diperhatikan untuk dapat membantu dalam mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. SEM juga memanfaatkan elemen-elemen pada SEO tetapi dengan memasukkan iklan berbayar. Hal ini mengharuskan Kamu membayar search engine untuk setiap klik di situs web selama pencarian. 

Perbedaan lainnya adalah SEM memungkinkan Kamu untuk menargetkan audiens yang lebih terperinci dibandingkan dengan SEO. Karena SEM menggunakan strategi berbayar untuk muncul dalam pencarian, Kamu memiliki kontrol lebih besar pada bagaimana dan kapan situs web Kamu akan muncul dalam pencarian.

 

Itu dia beberapa penjelasan tentang SEO dan SEM. Tertarik untuk mengikuti pelatihan digital marketing? Segera kunjungi https://chlorinedigitalacademy.com/ untuk informasi selengkapnya.

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?