Chlorine Digital Media

Mengapa Digital Marketing Penting untuk Small Business?

Mengapa Digital Marketing Penting untuk Small Business?

Salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh seluruh pemilik small business adalah berkembang pesat, untuk mencapai hal tersebut maka berbagai strategi pemasaran pun dirancang sedemikian rupa. Memanfaatkan dunia internet dengan baik dapat membawa bisnis Kamu ke langkah selanjutnya agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan angka penjualan, dan meraup lebih banyak keuntungan. 

Beberapa pemilik small business terlihat cenderung menghindar untuk beralih ke dunia internet karena kurangnya pemahaman atau pengetahuan tentang langkah seperti apa yang perlu mereka ambil untuk benar-benar mengintegrasikan kehadiran bisnis mereka di internet. Padahal seperti yang kita ketahui, semenjak pandemi melanda ruang gerak manusia menjadi sedikit terbatas dan segala hal beralih ke dunia internet, termasuk juga aktivitas jual beli kebutuhan konsumen. 

 

Mengapa Small Business Perlu Berinvestasi pada Strategi Digital Marketing?

Dilihat dari kacamata konsumen, teknologi digital telah membuat informasi lebih mudah diakses. Internet menjadi rumah bagi lebih dari 1 miliar situs web untuk dapat memberikan informasi apapun yang tengah dibutuhkan. Sebagai pemilik small business yang tengah berkembang, sudah seharusnya Kamu dapat memanfaatkan peluang besar ini untuk dapat membuat merek Kamu diketahui oleh banyak konsumen.

Untuk lebih jelas lagi, berikut ini 5 alasan pentingnya digital marketing untuk Kamu para pemilik small business!

 

1. Minim Biaya dengan Digital Marketing

Ilustrasi biaya. (Foto: Freepik)

Bagi setiap pemilik bisnis, tentu saja akan selalu mencari hal-hal yang tidak memerlukan biaya besar terlebih lagi para small business yang baru saja memulai. Sebisa mungkin, biaya harus selalu dijaga seminimal mungkin. Karena itu, banyak pemilik small business lebih memilih untuk menerapkan strategi pemasaran secara digital. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mengiklankan bisnis Kamu agar dapat menarik konsumen. Tambahan biaya mungkin diperlukan jika Kamu memerlukan promosi tambahan dan jangkauan yang lebih luas di sosial media, selebihnya sangat praktis dan minim biaya.

 

2. Dunia Internet Akan Terus Berkembang

Ilustrasu dunia internet. (Foto: Freepik)

Apakah Kamu menyadari bahwa dunia internet terus berkembang dari waktu ke waktu? Terdapat banyak inovasi baru yang mungkin terasa mustahil di zaman dahulu namun kini sudah termasuk kedalam aktivitas sehari-sehari akibat teknologi terus berkembang pesat. 

Dengan memilih untuk tidak beralih ke dunia internet, Kamu tidak akan dapat memanfaatkan peluang yang tersedia di internet dan besar kemungkinan akan merusak prospek pertumbuhan small business Kamu. Saat ini pencarian menjadi salah satu aktivitas online yang berada di urutan pertama, maka dengan menghadirkan bisnis Kamu secara online dapat menjadi peluang yang sangat besar agar dapat terus berkembang pesat. Situs web menjadi salah satu langkah untuk memulai digital marketing. Namun jika Kamu belum memilikinya, kunjungi https://chlorinedigitalmedia.com/ untuk mengetahui lebih lanjut tentang jasa pembuatan situs web.

(Baca juga: Apa Saja Peran Seorang Manajer Digital Marketing?)

 

3. Digital Marketing Dapat Membangun Customer Relationship yang Baik

Ilustrasi hubungan yang baik. (Foto: Freepik)

Dengan mengenal target konsumen bisnis Kamu secara menyeluruh, serta menanamkan kesan yang baik di mata konsumen, maka digital marketing dapat menjadi alat yang paling efektif untuk mendatangkan lebih banyak pesaing dan menjaga hubungan jangka panjang dengan mereka. 

Terdapat beberapa cara digital marketing yang dapat membangun serta menjaga customer relationship dengan baik, contohnya penggunaan testimonial digital dari konsumen yang diposting di media sosial terasa lebih efektif dibandingkan cara lama word of mouth. Kemudian ucapan yang dipersonalisasi menggunakan nama pribadi konsumen seperti sapaan atau ucapan terima kasih melalui e-mail. 

 

4. Bersaing dengan Kompetitor Bisnis Kamu di Dunia Digital

Ilustrasi dua orang yang tengah bersaing/ (Foto: Freepik)

Sebagian besar kompetitor bisnis Kamu telah hadir di dunia internet juga, sehingga Kamu dapat mencari banyak informasi dan mempelajari strategi pemasaran yang mereka gunakan pada bisnisnya. Pelajari banyak hal seperti bagaimana mereka mengkomunikasikan keunikan bisnisnya? Atau apa saja strategi yang mereka gunakan untuk dapat lebih dekat dengan konsumennya? Kamu dapat menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk menciptakan strategi pemasaran yang baru bagi bisnis Kamu.

 

5. Analisis Strategi Menjadi Lebih Mudah dan Akurat dengan Digital Marketing

Ilustrasi kegiatan analisis. (Foto: Freepik)

Melakukan kegiatan analisis dan evaluasi strategi pemasaran menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam bidang pemasaran.  Dengan metode pemasaran lama, sangat sulit untuk menentukan dengan tepat seberapa efektif metode itu dan apa yang dapat disesuaikan untuk membuatnya lebih efektif di masa yang akan datang. Namun, penggunaan digital marketing dapat membuat hal tersebut menjadi jauh lebih mudah dan akurat sesuai data yang real time seperti halnya analisis konten di media sosial instagram. Jika Kamu masih kesulitan dalam menganalisa hasil strategi pemasaran yang telah digunakan, mungkin jasa social media management akan cocok untuk small business Kamu. Cari tahu lebih lanjut mengenai jasa social media management di https://chlorinedigitalmedia.com/

Digital marketing memungkinkan pelacakan kampanye pemasaran lebih lanjut sehingga pemilik small business dapat memeriksa setiap detail dan menyesuaikan kebutuhan konsumen. Sangat mudah untuk melihat siapa yang mengunjungi situs web, berapa banyak waktu yang dihabiskan konsumen saat mengunjungi situs web atau media sosial, dan apa yang akan membuat konsumen lebih mungkin untuk mengunjungi ke toko dan melakukan transaksi jual beli. Setelah melakukan analisis, selanjutnya dapat masuk ke tahap evaluasi strategi pemasaran dan akhirnya akan sangat mudah untuk menyesuaikan strategi pemasaran digital untuk membuatnya jauh lebih efektif. 

(Baca juga: 5 Alasan Mengapa Digital Marketing Sangat Penting untuk Bisnis Anda!)

 

Setelah mengetahui beberapa alasan pentingnya digital marketing untuk Kamu pemilik small business, langkah apa yang akan Kamu ambil? Segera kunjungi https://chlorinedigitalmedia.com/ dan dapatkan saran terbaik untuk bisnis Kamu!

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?