Chlorine Digital Media

Bagaimana Digital Marketing Bekerja untuk Bisnis Kamu?

Bagaimana Digital Marketing Bekerja untuk Bisnis Kamu?

Di era teknologi berbasis internet sekarang ini sebagian besar transaksi jual beli dilakukan secara online, berbagai bisnis di seluruh dunia telah melakukan revolusi metode pemasaran dari papan iklan reklame ke iklan digital. Digital marketing bukanlah sebuah alat pemasaran yang sedang tren saja, namun merupakan metode pemasaran yang dinilai paling efektif hingga saat ini serta hasilnya yang sangat menjanjikan. Dengan bantuan digital marketing, terdapat banyak bisnis yang telah melampaui batasan pemasaran dan menemukan keuntungan besar dari prospek online.

Banyaknya manfaat yang dirasakan ketika beralih ke metode digital marketing, perlu dipahami juga bahwa setiap bentuk pemasaran berfungsi dengan caranya sendiri. Sebuah bisnis sebaiknya menilai dengan gambaran yang lebih besar sebelum menentukan metode digital pemasaran mana yang akan dipilih dan platform mana yang akan digunakan. Biasanya disarankan untuk memulai dari bentuk yang paling kecil hingga nantinya akan terus berkembang lebih luas lagi. 

Digital marketing sangat membantu sebuah bisnis karena memungkinkan mereka untuk menumbuhkan konsumen selagi dana mereka masih memungkinkan. Di sisi lain, pemasaran melalui internet menawarkan para pebisnis sebuah kesempatan untuk fokus dengan jelas pada pemasaran ke konsumen yang tepat. Dengan kata lain, sebuah bisnis dapat mencapai target pelanggan yang sempurna di tingkat lokal, nasional, atau internasional, namun tentu saja tetap pada anggaran dana yang sesuai.

Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja dari digital marketing? Sebelum itu mari pahami lebih lanjut terkait definisi dari digital marketing itu sendiri. Secara sederhana, dapat diartikan bahwa digital marketing adalah semua bentuk pemasaran yang dilakukan melalui media daring. 

(Baca juga: Yuk, Pahami Digital Marketing dalam 5 Menit Saja)

Digital marketing merupakan rangkaian kegiatan pemasaran dengan menggunakan media digital. Hal ini akan berfungsi untuk bisnis yang telah berjalan secara online, misalnya para bisnis yang memiliki situs web atau akun sosial media. Kemudian seluruh hal tersebut akan dioptimalkan dengan menggunakan digital marketing. Tanpa adanya bantuan dari digital marketing ini maka tujuan pemasaran yang direncanakan tidak dapat dicapai, misalnya tujuan untuk meningkatkan penjualan atau pengguna jasa. Secara umum, digital marketing dapat bekerja secara organik yaitu tidak berbayar ataupun pemasaran berbayar.

 

Ilustrasi pengintegrasian platform digital. (Foto: Pixabay)

Dimulai dengan hal yang sederhana, ketika Kamu mengintegrasikan platform digital seperti Instagram atau situs web dengan teknik digital seperti SEO dan pemasaran media sosial untuk menarik konsumen, hal ini akan menjadi wadah bagi berjalannya digital marketing. Proses ini membantu menargetkan konsumen potensial Kamu untuk membuat mereka sadar dan tertarik dengan penawaran yang pada akhirnya akan mendorong mereka untuk berlangganan atau melakukan transaksi pembelian.

Namun perlu diingat bahwa setiap teknik digital marketing akan berbeda sesuai dengan  penggunaan platform yang berbeda pula. Misalnya, sebuah metode pemasaran memiliki tujuan untuk mengarahkan konsumen yang relevan ke situs web untuk menghasilkan prospek baru. Dalam hal ini, menggunakan kampanye SEO atau PPC (Pay Per Click) dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun disisi lain, jika pemasar ingin membangun kesadaran merek tentang produk baru, metode pemasaran media sosial dapat lebih relevan untuk digunakan. Jadi, digital marketing dapat bekerja dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuan pemasaran atau bisnis Kamu. Setelah Kamu menyadari dan memahami tujuan yang hendak dicapai, maka selanjutnya dapat melangkah lebih jauh untuk memahami cara kerja digital marketing.

 

Lalu, bagaimana sebenarnya cara kerja digital marketing untuk bisnis Kamu?

Hal terpenting yang harus dimiliki oleh seluruh pemasar tentunya adalah media, dapat berupa situs web, media sosial, ataupun media digital lainnya. Media akan menjadi sebuah alat untuk mempromosikan dan menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan. Selanjutnya mulailah dengan membuat ide konten postingan pada media yang Kamu pilih, postingan ini mungkin dapat berupa artikel pada situs web atau katalog produk yang tentunya pada tahap ini Kamu sudah dapat memulai untuk menerapkan digital marketing seperti teknik SEO. Kemudian ide konten yang sudah matang dapat dipublikasikan ke beberapa media yang telah ditentukan Jika ingin mengoptimalkannya dengan mengalokasikan dana, Kamu dapat memilih untuk menggunakan media periklanan berbayar seperti FB Ads atau Instagram Ads. Langkah selanjutnya adalah menganalisis pasar untuk menentukan kinerja pemasaran yang terbaik dan penargetan konsumen yang tepat, selain itu juga dapat menghemat anggaran pemasaran. Jika perpaduan antara media, tujuan, dan metode digital marketing sudah tepat maka kegiatan pemasaran yang baik akan menghasilkan konsumen dari iklan tersebut. Kamu akan melihat perubahan yang terjadi, mulai dari bisnis yang semakin dikenal oleh masyarakat luas, kunjungan website yang meningkat, reputasi yang semakin baik, hingga peningkatan penjualan barang atau jasa.

Digital marketing telah membantu banyak bisnis berkembang di seluruh dunia dengan memanfaatkan banyak platform untuk mempromosikan produknya. Penting bagi pemilik bisnis untuk memahami cara kerja digital marketing sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih cerdas tentang kampanye pemasarannya. Kunci untuk memahami cara kerjanya adalah mengenal setiap elemen digital marketing dan mengenali bagaimana masing-masing elemen tersebut dapat membantu Kamu untuk mencapai tujuan pemasaran Kamu. Digital marketing merupakan peluang besar untuk mempromosikan bisnis, merek perusahaan, dan juga berbagai produknya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka diperlukan pengelolaan media digital marketing yang tepat, tertarik untuk menggunakan jasa digital marketing? Kunjungi https://chlorinedigitalmedia.com/ untuk ketahui lebih lanjut!

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?