Chlorine Digital Media

8 Platforms Ini Dapat Membantu Kamu dalam Membuat E-commerce Sendiri!

8 Platforms Ini Dapat Membantu Kamu dalam Membuat E-commerce Sendiri!

Ketika memasuki dunia situs web e-commerce, hal yang berada didalamnya tentu berkaitan dengan fungsionalitas, desain, dan fitur platform dari e-commerce. Platform e-commerce adalah aplikasi perangkat lunak yang membantu suatu bisnis dalam menjual produk dan layanan secara online. Platform e-commerce juga dapat membantu bisnis dalam mengelola situs web, pemasaran, penjualan, dan berbagai kegiatan operasional lainnya. Meskipun berbagai platform e-commerce yang berbeda menawarkan berbagai fitur yang berbeda juga, tetapi semuanya pasti memberikan para pemilik bisnis cara untuk menjual produk atau layanan secara langsung kepada konsumen. 

(Baca juga: Apa Itu Copywriter dan Bagaimana Perannya dalam Sebuah Bisnis?)

 

Jika Kamu tertarik atau ingin mencoba membuat e-commerce sendiri, berikut ini 8 rekomendasi platforms yang dapat Kamu gunakan untuk membuat e-commerce!

1. WooCommerce

Logo WooCommerce. (Foto: woocommerce.com/brand-and-logo-guidelines/)

Merupakan salah satu platform yang cukup populer di kalangan pengemban e-commerce, WooCommerce menawarkan para penggunanya suatu platform untuk menjalankan e-commerce mereka dan situs yang terafiliasi. Pada dasarnya WooCommerce berfungsi hampir serupa dengan plugin WordPress untuk keperluan penjualan, serta cocok untuk bisnis kecil maupun besar yang ingin memperluas pangsa pasarnya. WooCommerce tersedia secara gratis bagi pengguna yang sudah memiliki situs WordPress. Namun tentu saja jika terkait hosting situs web tetap dapat dikenakan biaya dan terdapat beberapa ekstensi yang berbayar juga. WooCommerce disarankan bagi pengguna situs WordPress dan e-commerce yang masih berada di tingkat pemula hingga menengah.

 

2. BigCommerce

Logo BigCommerce. (Foto: www.bigcommerce.com/)

BigCommerce merupakan platform bagi e-commerce SaaS (Software as a Service) yang memungkinkan pemilik para bisnis untuk mengatur toko online mereka menggunakan berbagai templat atau kerangka yang dapat disesuaikan dengan pengaturannya yang mudah.BigCommerce menawarkan beberapa fitur seperti pelaporan secara profesional, sistem peringkat dan ulasan. Platform ini juga menawarkan edisi BigCommerce Enterprise untuk perusahaan e-commerce besar yang sudah mencapai angka lebih dari satu juta dalam penjualannya, dengan harga yang bervariasi untuk berbagai ukuran perusahaan. BigCommerce disarankan bagi pengguna pemula e-commerce hingga tingkat menengah.

 

3. Squarespace

Logo Squarespace. (Foto: www.squarespace.com/logo-guidelines)

Platform ini terkenal dengan templat desainnya yang sangat unik untuk pembuatan suatu situs web dan juga berlaku untuk sebuah e-commerce. Squarespace menawarkan platform host all-in-one, dengan templat drag-and-drop yang menampilkan beberapa desain modern yang tentunya sangat kreatif. Squarespace memudahkan siapa saja yang ingin secara cepat dan mudah untuk membuat situs e-commerce mulai dari templat hingga untuk menjual produk pertama. Squarespace disarankan bagi pemula dan e-commerce yang masih berada di tingkat kecil.

 

4. Big Cartel

Logo Big Cartel. (Foto: https://help.bigcartel.com/brand-guide)

Salah satu platform e-commerce yang cukup unik dengan slogan “For artists, by artists”, Bigcartel dikemas dengan baik bagi seniman yang ingin menjual hasil karyanya. Dapat secara mudah mengatur dan meluncurkan toko online bagi pengguna yang belum pernah memiliki pengalaman terkait situs web sebelumnya, sehingga memungkinkan para seniman untuk fokus pada sisi kreatif masing-masing. Squarespace disarankan bagi artists dan pemula. 

 

5. Shopify

Logo Shopify. (Foto: www.shopify.co.id/brand-assets)

Salah satu platform yang seringkali menjadi pilihan banyak orang, Shopify menawarkan platform yang mudah untuk diluncurkan dalam pembuatan situs e-commerce. Shopify sangat cocok bagi usaha kecil yang baru saja memasuki dunia e-commerce, karena mereka memiliki fitur sederhana yang mudah digunakan, paket harga yang beragam, dan hosting yang ada. Shopify disarankan bagi E-commerce tingkat kecil hingga besar.

 

6. Volusion

Logo Volusion. (Foto: www.volusion.com/brand/)

Volusion merupakan platform e-commerce yang berbasis cloud. Ia menawarkan begitu banyak templat gratis namun ada pula yang berbayar, dan semuanya memiliki pengaturan yang mudah. Volusion memungkinkan para pengguna untuk beralih ke tempat lain kapan saja yang disertai dengan pemindahan konten dari templat lama ke templat yang baru. Fitur unik yang populer pada Volusion adalah terdapat banyak fitur yang dapat digunakan pada dasbor serta mengurangi kebutuhan akan add-on yang memakan cukup biaya. Volusion disarankan bagi E-commerce yang lebih berfokus pada sisi analitis dibandingkan dari sisi desainnya.

 

7. Ecwid

Logo Ecwid. (Foto: www.ecwid.com/cms)

Selain Bigcommerce, Ecwid juga termasuk salah satu platform e-commerce SaaS yang tentu saja mudah digunakan, serta menawarkan berbagai fitur seperti solusi SaaS. Salah satu fitur yang kerap digemari para pengguna adalah Ecwid dapat diterapkan pada berbagai platform seperti WordPress, Joomla, dan lainnya tanpa harus membuat situs web baru. Ecwid disarankan bagi para situs web, e-commerce tingkat kecil, dan juga bisnis yang berfokus pada non e-commerce.

 

8. Wix

Logo Wix. (Foto: www.wix.com/about/design-assets)

Termasuk salah satu platform yang baru saja hadir ke dunia e-commerce. Wix menawarkan berbagai fitur yang sangat mudah digunakan, sehingga memungkinkan para pengguna yang sebelumnya tidak memiliki pengalaman untuk membuat situs e-commercenya sendiri dengan cepat. Wix juga memiliki berbagai templat modern yang kreatif untuk dapat dipilih dan penyesuaian drag-and-drop untuk membuat toko online. Wix disarankan bagi pemula dan juga e-commerce tingkat kecil dengan kurang dari 100 produk.

 

Itu dia 8 rekomendasi platforms yang dapat Kamu gunakan untuk membuat e-commerce sendiri, tentu saja terdapat banyak pilihan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan. Beberapa diantaranya mungkin memiliki fitur yang sangat populer dan digunakan banyak orang, sementaranya yang lainnya menawarkan fitur-fitur unik yang mungkin lebih cocok untuk bisnis Kamu.

(Baca juga: Kenali Apa Itu E-Commerce Serta Kelebihan dan Kekurangannya)

Memilih platform yang tepat untuk membuat situs web e-commerce bagi bisnis Kamu merupakan keputusan jangka panjang, karena sangat jarang bagi sebuah perusahaan. Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi Kamu untuk memilih platform yang tepat sebelum akhirnya mengeluarkan beberapa biaya dan sumber daya untuk hal tersebut. Konsultasikan permasalahan bisnismu bersama PT Chlorine Digital Media, kunjungi https://chlorinedigitalmedia.com/ untuk informasi selengkapnya!

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?