Chlorine Digital Media

5 Alasan Mengapa Digital Marketing Sangat Penting untuk Bisnis Kamu!

5 Alasan Mengapa Digital Marketing Sangat Penting untuk Bisnis Kamu!

Setiap bisnis akan memiliki target unik yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, tetapi mayoritasnya adalah akan selalu berusaha mencapai kesuksesan dengan menjangkau lebih banyak konsumen dan membuat mereka untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan. Nyatanya, masih banyak bisnis yang belum menyadari pentingnya menggunakan metode digital marketing yang tepat untuk merumuskan rencana pemasaran. Sebaliknya, kebanyakan bisnis masih menggunakan elemen tertentu yang hanya menghasilkan sedikit dampak atau tanpa bahkan hasil.

Memanfaatkan dunia internet untuk bisnis menjadi lebih penting daripada sebelumnya, karena saat ini kita berada di era digital. Kita hidup pada dunia di mana penggunaan search engine seperti Google sangatlah unggul, sering kali digunakan untuk mencari apa pun yang kita inginkan dan akan mendapatkan jawaban dalam hitungan detik saja. Hal yang sama berlaku untuk transaksi jual beli, menemukan produk atau jasa yang dibutuhkan menjadi lebih mudah. Jadi jika bisnismu tidak hadir dalam secara online, bagaimana pelanggan baru akan mengetahuinya? 

Bill Gates, pendiri Microsoft. (Foto: Akun instagram thisisbillgates)

Tokoh pendiri Microsoft pernah berkata “If your business is not on the Internet then your business will be out of business,” ujar Bill Gates.Tidak diragukan lagi bahwa seluruh dunia terus-menerus melakukan digitalisasi dari setiap aspek bisnis saat ini, dan itulah mengapa digital marketing penting untuk semua bisnis, tidak peduli seberapa besar atau kecil cakupan bisnis tersebut. Secara sederhana, dapat diartikan bahwa digital marketing adalah semua bentuk pemasaran yang dilakukan melalui media daring. 

(Baca juga: Yuk, Pahami Digital Marketing dalam 5 Menit Saja)

Lalu, apa saja 5 alasan yang membuat digital marketing menjadi sangat penting untuk bisnis Kamu?

Sangat disayangkan bahwa masih terdapat banyak bisnis yang tidak memanfaatkan metode digital marketing, mungkin alasannya adalah karena kurangnya kesadaran tentang dampak positif yang akan didapatkan, tidak ada anggaran dana yang disisihkan untuk memulai, dan waktu yang terbatas untuk pemasaran secara online. Namun marilah ketahui 5 alasan yang membuat digital marketing menjadi sangat penting untuk bisnis Kamu.

1. Semua Orang Menggunakan Internet

Ilustrasi bahwa semua orang menggunakan internet. (Foto: Pixabay)

Merujuk pada data di internetworldstats.com, per tanggal 30 Juni 2021 diketahui bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 212,35 juta dari sekitar 272 jiwa. Itulah mengapa digital marketing saat ini menjadi salah satu metode pemasaran yang paling efektif karena pengguna internet yang selalu bertambah dari waktu ke waktu dan pemasaran melalui internet yang tidak terhalang jarak dan waktu.

2. Meningkatnya Brand Awareness Melalui Digital Marketing

Ilustrasi balok bertuliskan “brand awareness”. (Foto: Pixabay)

Brand awareness atau kesadaran merek menjadi sangat penting untuk semua bisnis, karena Kamu perlu membuat nama merek Kamu diketahui oleh semua orang terlebih lagi target konsumen, apa yang dilakukan oleh bisnis Kamu, dan produk apa yang disediakan. Merek tidak hanya menjual produk, tetapi juga memberi tahu konsumen tentang bisnis Kamu, nilai, dan apa yang mendefinisikannya. Meningkatkan kesadaran merek tidak hanya akan meningkatkan skala bisnis, tetapi juga akan terus menarik pelanggan baru.

Menempatkan iklan dengan digital marketing akan memungkinkan konsumen untuk mulai mengenali merek Kamu, merekomendasikan merek Kamu kepada orang lain (teknik word of mouth marketing) dan mulai membeli produk dari Kamu. Semakin banyak orang mengetahui merek Kamu maka semakin mudah mereka mengenalinya, dengan demikian semakin banyak penjualan yang akan Kamu dapatkan.

3. Retargeting Konsumen Menjadi Lebih Mudah 

Ilustrasi retargetting konsumen. (Foto: Pixabay)

Penggunaan digital marketing membuat semuanya lebih terukur dan dapat dengan mudah menganalisis hasil kinerja iklan. Kamu dapat dengan mudah mengetahui seberapa banyak pengguna yang terjangkau, seberapa banyak orang yang mengklik postingan Kamu, dari mana sebagian besar konsumen berasal, kelompok usia mana yang paling tertarik, dan analisis lainnya. Dengan begitu data tersebut dapat menjadi referensi yang akurat dalam menentukan strategi pemasaran selanjutnya, dan akan terus berkembang menjadi lebih relevan lagi untuk strategi berikutnya. Strategi pemasaran yang dilakukan pun dapat lebih personal dengan dan mengirim pesan kepada konsumen ketika mereka kemungkinan akan membeli, yang mengarah pada peningkatan konversi dari basis pengunjung yang sama.

4. Kompetitor Kamu Melakukan Hal yang Serupa

Ilustrasi seorang pebisnis tengah memperhatikan kompetitor. (Foto: Pixabay)

Itulah yang dilakukan oleh kompetitor bisnis Kamu sehingga Kamu harus mengamati apa saja yang dilakukan oleh kompetitor. Kamu harus bisa membangun pendekatan yang unik dan berbeda untuk menarik lebih banyak perhatian konsumen agar mengunjungi ke situs web atau platform digital lainnya daripada kompetitor. Kamu juga bisa merencanakan beberapa metode untuk memata-matai strategi apa yang digunakan oleh kompetitor, kemudian terapkan teknik ATM (Amati-Tiru-Modifikasi) untuk menghasilkan strategi pemasaran yang baru bagi bisnis Kamu.

5. Mempengaruhi Konsumen Setiap Waktu dengan Teknik CTA

Ilustrasi papan betuliskan “catt to action”. (Foto: Pixabay)

Digital marketing memanfaatkan banyak teknik yang akan memikat konsumen untuk membuat langkah positif seperti yang diharapkan yaitu melakukan transaksi. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan menggunakan CTA (Call To Action) yang berguna untuk menentukan apa yang harus dilakukan pengunjung situs Kamu selanjutnya. Beberapa cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan CTA untuk memberi tahu pengunjung Kamu apa yang dapat mereka lakukan saat mengunjungi situs Kamu. Mereka dapat mendaftar, mengunduh sesuatu, berlangganan, atau membeli.

(Baca juga: Bagaimana Digital Marketing Bekerja untuk Bisnis Kamu?)

Masih ragu untuk mulai transformasi bentuk pemasaran kamu ke digital marketing? Konsultasi kan kebutuhan bisnis Kamu bersama Chlorine Digital Media dengan kunjungi https://chlorinedigitalmedia.com/ 

Admin

Admin

Chlorine Digital Media

Facebook
WhatsApp
Pinterest
Telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ChlorineDigitalMedia
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?